Beranda Headline Gubernur Bakal Buka Kerjasama Internasional

Gubernur Bakal Buka Kerjasama Internasional

BERBAGI
JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA Zulkieflimansyah

Atasi Bencana Lombok-Sumbawa

MATARAM – Pemprov NTB nampaknya mulai pesimis dengan bantuan pemerintah pusat. Hal ini mengingat musibah gempa dan tsunami menimpa warga di Palu Donggala Sulawesi Tengah dengan kekuatan 7,7 SR Dengan kondisi tersebut, Pemprov berencana bakal membuka kerjasama dengan institusi internasional khususnya menangani korban dampak gempa.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menyampaikan kerjasama itu mengutip saran hingga menerapkan program pihak internasional demi percepatan penanganan bencana. Peluang kerjasama dengan pihak internasional itu, disampaikan gubernur saat kembali menggelar rapat bersama jajaran anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( FKPD) dan Bupati/Walikota lingkup Provinsi NTB, Senin (01/10) malam.

Zul menyampaikan, penanganan bencana sangat mendesak untuk segera dicari jalan keluarnya, ia melihat kondisi di lapangan yang terjadi, dari 200 ribu lebih rumah masyarakat yang rusak terkena bencana, baru enam ribuan unit saja yang bisa difasilitasi dengan dana yang sudah tergelontorkan.
Sementara musim penghujan sebentar lagi akan tiba, mengharuskan hunian sementara (Huntara) bagi masyarakat yang rumahnya sudah tidak dapat ditinggali sehingga harus segera difinalisasi.

Untuk itu, melalui pertemuan tersebut Gubernur menghimpun laporan perkembangan rehab rekon di wilayah kerja masing-masing Bupati/ Walikota, termasuk menerima masukan dari anggota FKPD yang hadir. Harapannya, dengan sinergi semua pihak masalah bencana ini dapat segera dicari jalan keluar terbaiknya.

Gubernur juga meminta seluruh FKPD untuk terus turun ke lapangan untuk memotivasi masyarakat agar kembali bangkit, dan juga bisa bermental mandiri.

“Kita optimalkan kemampuan kita, Insya Allah dengan data yang valid, perlahan lahan kita akan terus mengetuk pemerintah pusat untuk segera merealisasikan janji kepada masyarakat,“ tegas Zul.

Zul mengingatkan seluruh OPD terkait bencana yang sedang menimpa Palu dan Donggala sehingga dalam hal ini Pemprov tidak bisa berharap banyak kepada bantuan dari pemerintah pusat. Pemprov kata Zul, harus lebih proaktif menangani bencana ini dengan tangan sendiri dan disesuaikan dengan kemampuan.

“Kita upayakan memfokuskan segala aktivitas kita dalam mencari celah agar terlihat geliat perekonomian masyarakat di daerah yang terdampak gempa,” kata Zul. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here