Beranda Praya Metro Waspada Angin Puting Beliung

Waspada Angin Puting Beliung

BERBAGI
ILUSTRASI

PRAYA — Warga Lombok Tengah (Loteng) harus lebih waspada. Sebab, pada musim kemarau ini ancaman bencana angin puting beliung bisa saja terjadi. Salah satu bukti di Desa Bangkat Parak, Kecamatan Pujut satu rumah warga dihantam angin puting beliung, Sabtu lalu. Beruntung tidak ada korban jiwa.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, H Muhammad mengimbau agar masyarakat tetap waspada. “Kami yang menerima laporan adanya angin itu langsung turun melakukan pemeriksaan. Tapi beruntungnya cuman satu rumah yang rusak parah,” ceritanya kepada media di kantor bupati, kemarin.
Muhammad menegaskan, saat ini angin datang dari timur yang menandakan bahwa sudah terjadi musim hujan. Akan tetapi, kondisi cuaca saat ini tidak bisa ditebak. Untuk itulah, masyarakat harus lebih waspada.
“Memang kondisi saat ini terkadang mendung, makanya masyarakat juga diimbau waspada,” ujarnya.
Pihaknya sekarang lebih sigap dalam menghadapi perubahan musim. Karena sebagian besar wilayah merupakan daerah rawan dan masuk zona merah bencana. Ancamannya, seperti banjir, tanah longsor, angin topan, gempa bumi serta sejumlah bencana lainnya.
“Kami sudah menyiagakan personel tanggap bencana. Baik Basarnas, BPBD serta sejumlah stakeholder lainnya,” beber dia.
Muhammad menambahkan, karena bencana tak bisa diprediksi harus ada upaya persiapan matang. Tidak hanya kesiapan menghadapi bencana, tetapi juga upaya pemulihan dan antisipasi agar bencana tidak memakan korban jiwa.
“Harus ada antisipasi sejak dini,” tambahnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here