Beranda Praya Metro Tradisi Madak Mare, LTF NTB Buka Suara

Tradisi Madak Mare, LTF NTB Buka Suara

BERBAGI
IST/RADAR MANDLAIKA MENCARI IKAN: Sejumlah warga Rembitan tengah asyik mencari ikan di Pantai Senek Desa Kuta.

PRAYA —Kumpulan pemerhati pariwisata yang tergabung dalam Lombok Tourism Forum (LTF) NTB turut angkat bicara mengenai surat ITDC kepada Pemkab Loteng, perihal larangan dilaksanakannya Madak Mare yang dilakukan warga Desa Rembitan, Kecamatan Pujut.
Ketua Dewan Pakar LTF NTB, Muhammad Paris menilai, tradisi Madak Mare justru menjadi salah satu atraksi wisata yang bisa diperkenalkan kepada wisatawan dengan waktu pelaksaan tertentu. Sehingga ia menilai, tradisi seperti ini akan menjadi kekayaan budaya masyarakat Lombok secara umum. Tradisi ini pun lanjutnya, tidak jauh beda dengan kegiatan tahunan masyarakat Lombok semisal bau nyale yang sudah dilakukan secara turun-temurun dan mengandung nilai sejarah yang tinggi.
“Yang seperti ini mohon kiranya Pemkab bersama ITDC agar diperhatikan. Kami selaku pelaku dan pemerhati pariwisata sangat mendukung kegiatan ini,” ujarnya.
Sementara Ketua LTF, Kanom menambahkan, dengan adanya tradisi ini mestinya pemerintah bersyukur masih dilestarikannya tradisi budaya di tengah pengembangan pariwisata yang semakin maju. Sebab saat ini sudah banyak tradisi leluhur yang sudah punah termakan zaman. Untuk itu, ia menilai sebaiknya Pemkab melakukan kajian mendalam dan duduk bersama untuk mencari jalan keluar sehingga tidak menjadi polemik berkepanjangan. Demikian juga untuk ITDC selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, ia meminta agar tidak semaunya melarang kegiatan masyarakat, tanpa memperhatikan budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar. Sebab, hakekat pengembangan pariwisata tidak hanya soal keindahan alam dan bisnis semata, namun yang tak kalah penting juga kelestarian tradisi dan kebudayaan sekitar.
“Bicara keindahan pantai dan alam Pulau Lombok, di daerah lain banyak yang seperti ini. Tapi tradisi budaya seperti ini sudah sangat langka,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here