Beranda Headline Petani Dilatih Penguatan Kapasitas dan Produktivitas

Petani Dilatih Penguatan Kapasitas dan Produktivitas

BERBAGI
ILUSTRASI

PRATENG —Pemdes Pejanggik, Kecamatan Praya Tengah bakal menggelar pelatihan penguatan kapasitas dan produktivitas petani. Program ini untuk kali pertama dilaksanakan di Pejanggik dan sangat dinantikan para petani.
Kades Pejanggik, H Nusilah menjelaskan, dalam pelatihan nantinya, Pemdes akan menyasar pengurus kelompok tani (Poktan) dari 16 Poktan yang ada. Mulai dari ketua, sekretaris dan bendahara. Nantinya, melalui ilmu yang diperoleh para pengurus Poktan ini, bisa disampaikan kepada anggota masing-masing. Langkah ini menurutnya lebih efektif dibandingkan menggunakan perwakilan masin-masing dusun.
“Untuk tutornya, kita akan minta dari instansi terkait,” ungkapnya.
Ditambahkan, dalam pelatihan ini nantinya tidak hanya membahas soal upaya untuk penguatan kapasitas pertanian, akan tetapi setelah itu akan tetap dilakukan pembinaan. Sebagai tahap awal, usai dilatih mereka akan diberikan alat pertanian berupa heand tractor sebanyak lima unit.
“Tapi untuk sementara hanya sebagian kelompok yang dapat. Sisanya akan diupayakan tahun depan,” jelasnya.
Dalam program pemberdayaan ini, Pemdes mengalokasikan dana hampir Rp 100 juta yang bersumber dari Dana Desa (DD). Jumlah ini termasuk untuk pembelian lima unit heand tractor tersebut. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here