Beranda Lombok Timur Dari Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Pemda Lotim

Dari Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Pemda Lotim

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA PERINGATAN: Wabup Lotim H Rumaksi SJ, selaku inspektur upacara saat membaca teks Pancasila dalam apel Hari Kesaktian Pancasila, kemarin.

Amalkan Isi Sebenar-benarnya, Pancasila Sebagai Way Of Life

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lombok Timur (Lotim) berlangsung khidmat. Sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Lotim H Rumaksi SJ.
MUHAMAD RIFA’I – LOTIM

TANGGAL 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Penetapan yang dilakukan Presiden RI Nomor 153 Tahun 1967 bertujuan untuk memelihara kewaspadaan dan daya juang terhadap ancaman, pengkhianatan terhadap negara, bangsa dan Pancasila.
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, tidak saja melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim. Tetapi juga melibatkan aparat kepolisian, TNI, wakil rakyat dan anak-anak pramuka, hingga siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.
Apel Hari Kesaktian Pancasila, tidak saja dihelat pemerintah Lotim, yang dipusatkan pemerintah di Kantor Bupati. Akan tetapi, juga terselenggara di tingkat kecamatan. Bahkan sekolah-sekolah yang ada di Gumi Patuh Karya ini.
Kemarin saat pelaksanaannya, wilayah Lotim tampak tenang dan landai. Karena peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang memiliki lima sila sebagai dasar bernegara ini, tidak diwarnai dengan aksi unjukrasa dari kelompok mana pun. Peringatannya berjalan sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat.
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, mengangkat tema “Pancasila sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa”. Wabup sebagai inspektur upacara, membacakan teks Pancasila. Sedangkan pembacaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dibacakan Wakil Ketua DPRD Lotim H Daeng Paelori. Kemudian pembacaaan butir-butir ikrar dalam peringatan kemarin, oleh Wakil Ketua DPRD Lotim Daeng M Ikhsan.
Peringatan ini juga dimaksudkan untuk lebih mempertebal jiwa nasionalisme dan menegakkan kebenaran. Disamping itu, menjadikan pancasila sebagai way of life bagi rakyat Indonesia. Dengan mengamalkan isi Pancasila dengan sebenar-benarnya, setepat-tepatnya, semurni-murninya sesuai jiwa dan semangatnya.
“Lima sila yang tertuang dalam Pancasila itu, harus kita amalkan. Agar bangsa kita menjadi bangsa yang aman damai dan sentosa. Artinya, bagaimana menjadikan pancasila sebagai way of life (jalan hidup) kita dalam berbangsa dan bernegara,” kata H Rumaksi SJ, Wabup Lotim. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here