Beranda Headline Banyak Bantuan Tak Tepat Sasaran

Banyak Bantuan Tak Tepat Sasaran

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA Maknun

BKU —Kepala Desa Tanak Beak, Maknun meminta Pemkab, Pemprov maupun pemerintah pusat serius menyalurkan program ke desa. Sebab selama ini ia kerap menemukan program, khususnya bantuan yang disalurkan ke masyarakat melalui kelompok tani (Poktan), lembaga pendidikan atau yayasan namun tidak tepat sasaran. Bahkan ada pula yang fiktif.
“Contoh tahun ini banyak bantuan masuk ke sini. Tapi setelah kita telusuri, banyak yang fiktif. Ini kan curang dan merugikan pemerintah maupun masyarakat lainnya, yang untung hanya perseorangan saja,” ungkapnya.
Selain lantaran kurangnya pengawasan, Maknun juga menilai masalah ini terjadi karena pemerintah selama ini tidak melibatkan Pemdes. Namun sejatinya,
Pemdes sebenarnya tidak mau ikut campur dalam penyaluran program tersebut. Hanya saja, jika pemerintah ingin program yang disalurkan tepat sasaran, mestinya desa juga dilibatkan.
“Kita tidak mau ada oknum tertentu yang untung sendiri dengan cara menjual nama warga lainnya,” sesalnya.
Di sisi lain, selama ini Pemdes tahu persis perkembangan lembaga pendidikan, yayasan, maupun Poktan di wilayahnya. Sehingga ketika program turun, diharapkan dapat berkoordinasi dengan Pemdes. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here