Beranda Lombok Barat Senteluk Nobar Film G30S/PKI

Senteluk Nobar Film G30S/PKI

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA NOBAR: Kepala Desa Santeluk Fuat Abdul Rahman bersama TNI, Polri dan masyarakat Senteluk menonton film G30S/PKI, di posko pengungsian desa setempat, Sabtu (29/9) malam.

LOBAR —Tanggal 30 September menjadi momen bersejarah bagi Negara Indonesia. Bayangan kekejaman, pengkhianatan dan pembantain jenderal pada tahun 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) masih teringat di benak masyarakat Indonesia. Kekejaman PKI itu berhasil ditumpas pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Soeharto. Peristiwa itupun digambarkan dalam film G30S/PKI yang kerap ditayangkan jelang tanggal 30 September.
Bertempat di posko pengungsian gempa desa setempat, film G30S/PKI diputar pemerintah Desa (Pemdes) Senteluk, Sabtu (29/9) malam. Saat nonton bareng (Nobar) film berdurasi kurang lebih 2 jam itu didampingi pihak TNI dan kepolisian.
Selain pemutaran film, disela-selanya juga digelar kuis berhadiah. Diikuti warga pengungsian desa setempat, dengan pertanyaan seputar peristiwa G30S/PKI.
Kepala Desa (Kades) Senteluk, Fuat Abdul Rahman mengatakan, pemutaran film ini sengaja dilakukan agar masyarakat di desanya tidak melupakan sejarah kelam yang pernah menimpa bangsa Indonesia. “Tidak melupakan bahwa ini sejarah yang benar, dan sangat menyedihkan bangsa Indonesia,” ujar Fuat yang ditemui disela-sela pemutaran film.
Antusias warga terlihat dengan ramainya lokasi pemutaran film. Sejak usai Magrib, warga sudah berdatangan. Melalui pemutaran film ini, ia mengharapkan para generasi muda tahu akan sejarah bangsanya. “Di setiap tanggal dan bulan seperti ini, setiap tahunnya kita tetap rutin memutarkannya,” katanya.
Lokasi pemutaran film sengaja dipilih di pengungsian sengaja dipilih untuk pemutaran film itu. Selain mengenang sejarah, pemutaran film itu juga dapat menjadi trauma healing bagi warga korban gempa. “Insya Allah tetap kita gelar di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here