Beranda Lombok Timur PDAM Ujicoba IPAL Dam Pandanduri

PDAM Ujicoba IPAL Dam Pandanduri

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Isro’i

LOTIM – Pekan ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur (Lotim), akan melakukan uji coba Instalasi Pabrik Air Baku (Ipal) atau pabrik pengolahan air baku Dam Pandanduri. Uji coba tersebut dilakukan, karena pertengahan Oktober mendatang, Ipal Pandanduri ini ditargetkan beroperasi, memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah selatan, seperti Kecamatan Jerowaru.
Direktur PDAM Lotim, Isro’i, kemarin mengatakan, PDAM akan melakukan uji coba IPAL dan pengolahan air yang ada di Desa Rensing Kecamatan Sakra Barat. Progres bak pengelohan air di Sakra Barat ini, sudah mencapai 95 persen. Uji coba untuk memastikan apakah air yang sudah masuk, dan jernih sehat secara bakteriologi, maupun secara fisik kekeruhan.
Setelah melakukan uji coba IPAL dan pengolahan airnya, baru setelah itu melakukan ujicoba jaringan ke bawah. Seperti apa hasil pengolahannya nanti, baru kemudian di drop ke pelanggan yang ada di wilayah kecamatan Sakra Barat, Keruak dan Jerowaru. “Kita akan uji coba selama satu atau dua hari,” tegasnya.
Lanjut Isro’i, uji coba pabrik pengolahan air baku dan bak pengolahan air itu, akan melibatkan PDAM dan Bidang Pengairan Satuan Kerja (Satker) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi NTB. Nantinya sesuai kesepakatan bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara Dua, PDAM akan diberikan mengelola air Pandanduri sebanyak 50 liter perdetik. Air tersebut, diambil melalui terowongan Dam Pandanduri. “Walaupun debit air Dam Pandanduri terjadi penyusutan, tidak ada pengaruh pada mata air di terowongan dam. Sebab standar terowongan itu air kali palung,” tandasnya.
Ia mengungkapkan, Ipal Dam Pandanduri ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih sekitar 4 ribu pelanggan. Sejauh ini di Kecamatan Jerowaru saja, sudah ada 1000 pelanggan lama. Belum lama ini ada penambahan sekitar 750 pelanggan. “Khusus pulau Maringkik, tidak kita pasok melalui Ipal dam Pandanduri. Karena sudah memiliki sumber tersendiri,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here