Beranda Lombok Barat Polres Siap Amankan Pilkades

Polres Siap Amankan Pilkades

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA Kompol Fauzan Wadi

LOBAR —Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak segera dimulai. Beberapa kerawanan tidak luput menjadi atensi. Apalagi dengan gratisnya pendaftaran, diprediksi akan banyak calon yang bertarung di Pilkades. Bahkan mungkin akan banyaknya sengketa yang muncul.
Menyikapi hal itu , Polres Lobar menyatakan siap mengamankan jalannya Pilkades. Meski akan banyak yang mendaftar, tetap ada aturan yang membatasi maksimal pencalonan. “Kita polisi siap saja untuk mengamankan,” ujar Wakapolres Lobar, Kompol Fauzan Wadi, belum lama ini.
Jumlah personel yang diturunkan, tergantung kondisi. Termasuk prediksi tingkat kerawanan. Situasi di lapangan bisa saja berubah setiap waktu. “Kita lihat prediksi dan tingkat kerawanan. Dari sana ditentukan jumlah personel yang diterjunkan,” sambungnya.
Ia berharap masyarakat dapat berpikir dewasa saat menghadapi Pilkades. Sehingga suasana aman dan damai dapat tercipta selama Pilkades. “Seiring pengetahuan masyarakat, kita harapkan masyarakat lebih dewasalah,” tegasnya.
Pilkades 2018 serentak akan digelar tahun ini. Tahapannya pada Oktober-Desember 2018 mendatang. Segala persyaratan dan ketentuan sudah dipersiapkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lobar. Pada tahun ini, Pilkades diikuti 77 desa di Lobar.
DPMD juga telah berkonsultasi ke KPU Lobar. Itu untuk menghindari kemungkinan terjadinya pertentangan regulasi. Antara Perbup dengan regulasi di atasnya yaitu peraturan perundang-undangan. Sehingga pada pelaksanaannya berjalan lancar. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here