Beranda Praya Metro Pendem Buka Jalan Baru

Pendem Buka Jalan Baru

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA PROYEK: Salah satu tokoh masyarakat Desa Pendem saat melihat proyek pembukaan jalan baru yang dilakukan dengan swadaya, kemarin.

JANAPRIA —Pemerintah Desa Pendem mulai membuka jalan baru, tepatnya di Dusun Kuwang. Jalan baru yang dimulai Jumat kemarin ini sepanjang 500 meter.
Kades Pendem, H Zainudin mengaku jika proyek ini sudah lama dinantikan warga. Sebab sebelum adanya jalan ini, masyarakat harus berkeliling hingga menempuh 3 kilometer.
“Alhamdulillah proyek ini bisa teralisasi berkat kerjasama warga yang telah menghibahkan tanahnya untuk membuka jalan baru,” kata Zainudin.
Ia menjelaskan, setelah pembebasan lahan, pembangunannya dikerjakan secara swadaya bersama masyarakat. Sehingga Pemdes tidak melibatkan cv atau kontraktor. Alat berat yang digunakan pun milik salah satu warga yang dipakai secara sukarela agar jalan tersebut bisa segera terwujud.
Sementara itu, salah satu penanggung jawab pelaksana, Yunan menjelaskan, awalnya dana yang harus disiapkan dalam proyek tersebut mencapai Rp 100 juta. Namun karena alat berat dan tenaga dilakukan secara swadaya, sehingga dana yang dihabiskan bisa lebih hemat.
“Perkiraan kami, untuk pengerukan tanahnya tiga hari, kemudian untuk pengerasan jalan paling seminggu lebih,” jelasnya.
Di tempat sama, salah satu tokoh masyarakat desa setempat, Zabur mengaku jika pembukaan jalan baru ini sangat menunjang kegiatan masyarakat, khususnya di bidang ekonomi dan pendidikan. Sebab dengan adanya jalan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
“Saya mengajak semua masyarakat sama-sama berjuang agar fasilitas di desa bisa terakomodir baik,” ujar calon anggota DPRD dari Partai Berkarya Dapil Janapria-Kopang ini. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here