Beranda Mataram Omzet UKM Merosot Hingga 70 Persen

Omzet UKM Merosot Hingga 70 Persen

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Yance Hendra Dira

MATARAM —Bencana Gempa mempengaruhi berbagai sektor. Termasuk jalannya roda usaha kecil menengah (UKM) maupun industry kecil menengah (IKM) di Kota Mataram. “Usaha masih jalan, tidak ada yang tidak berproduksi. Hanya pemasaran kesulitan karena kebutuhan masyarakat terhadap hasil UKM menurun,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kota Mataram, Yance Hendra Dira, kemarin.
Pemkot Mataram, lanjut Yance, menunjukkan kepedulian kepada UKM dan IKM di Kota Mataram. Baik yang terdampak langsung maupun tidak langsung adanya gempa. Kondisi saat ini, kata dia, omzet UKM turun hingga 70 persen. Terutama UKM pengolahan pangan. Berbeda dengan UKM pangan, UKM perbengkelan disebut lebih stabil. Meski terjadi penurunan omzet, namun hanya 10-20 persen.
Data dinas, jumlah IKM dan UKM mencapai 39 ribuan. Rinciannya, UKM sebanyak 34 ribuan, dan IKM 4 ribuan. Terdapat sekitar 4 ribuan bergerak di UKM pangan. “Pemasaran keluar tetap jalan lewat online. Dari luar daerah aman permintaan,” ungkapnya.
Sebagai upaya membangkitkan kembali gairah pelaku UKM dan IKM, akan digelar bazar UKM Kota Mataram saat car free day, Minggu (30/9) mendatang. Dalam kesempatan itu juga akan dilakukan penandatangan deklarasi. “Ini terkait Mataram move on. Digelar bazar bagi UKM,” ujarnya.
Selama bazar, hanya dijamin murah. Tujuan bazar, agar masyarakat bergairah kembali. “Ini sama dengan bentuk trauma healing di bidang ekonomi. Agar pengusaha tidak trauma lagi, dan bangkit berusaha,” imbuhnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here