Beranda Headline Desa Diinstruksikan Miliki Ambulans

Desa Diinstruksikan Miliki Ambulans

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Moh Suhaili FT

PRAYA —Bupati Lombok Tengah, H Moh. Suhaili FT menginstruksikan kepada semua desa/kelurahan memiliki mobil ambulans 2019 mendatang. Tujuannya untuk mempercepat pelayanan, terutama menyangkut kesehatan masyarakat.
Program pengadaan ambulans desa sendiri kata Suhaili, untuk meningkatkan dan mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Terlebih sarana dan prasarana serta fasilitas yang dimiliki mobil ambulans sangat lengkap. Pasalnya kendaraan memiliki ruang khusus yang dilengkapi perawatan medis seperti infus, tabung oksigen dan kebutuhan lainnya layaknya kendaraan ambulans yang dimiliki rumah sakit.
“Kalau semua desa sudah punya kan masyarakat bisa langsung ditangani oleh mobil itu secara gratis sekaligus membawanya ke rumah sakit terdekat,” ungkap Suhaili.
Petinggi Partai Golkar NTB itu juga menjelaskan, dengan anggaran desa yang cukup besar ia menilai semua desa mampu untuk pengadaan ambulans ini.
“Masa infrastruktur saja yang diproritaskan, pelayanan kesehatan juga penting lho!” tegasnya.
Namun demikian, pihaknya mengingatkan kepada pemerintah desa untuk tidak sekadar membeli saja, namun harus memperhatikan perawatannya. Untuk pemeliharaan mobil ambulans menjadi tanggung jawab masing-masing karena dana perawatan dan operasional ambulans bisa melalui alokasi dana desa.
“Namanya juga kendaraan operasional, masa maunya pakai saja. Paling tidak olinya diganti atau minimal perawatan servis sebulan sekali,” sarannya.
Hal senada disampaikan Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri. Dia pun sangat mendukung jika Pemdes membuat program pengadaan mobil ambulans. Selain berguna membantu warga saat proses melahirkan maupun rujukan ke Puskesmas/RSUD, ambulans desa juga sangat bermanfaat saat kondisi darurat seperti kecelakaan.
“Nanti kan ambulans itu standby 24 jam di kantor desa. Jadi kapan pun bisa dipakai warga,” tuturnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here