Beranda Mataram CSR Diarahkan Atasi Masalah Kesos

CSR Diarahkan Atasi Masalah Kesos

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA L Martawang

MATARAM —Pemanfaatan anggaran corporate social responsibility (CSR), tak lagi parsial. CSR dari perusahaan nantinya akan dikoordinir forum sehingga memiliki kesatuan, dan keterpaduan dalam penyalurannya. “Tadi kita rapat untuk pembentukan forum CSR kesejahteraan sosial masyarakat Kota Mataram,” kata Asisten I Setda Kota Mataram, L Martawang, kemarin.

Harapannya, tim dari forum tersebut akan bisa mengidentifikasi potensi CSR dari BUMN, BUMD, LSM, maupun akademisi. “Targetnya, seluruh kegiatan berdimensi pemanfaatan anggaran CSR dikoordinir forum CSR. Tidak lagi parsial. Tapi jadi kesatuan terpadu. Kegiatan jelas, dan fokus berujung ke pengentasan kemiskinan di Mataram,” jelasnya.
Diakui, saat ini CSR telah tersalurkan hanya masih parsial. Artinya, dilakukan masing-masing pihak yang memiliki alokasi CSR. Terbentuknya forum ini, diharapkan bisa menjadi kesatuan terpadu, memiliki target, dan sasaran terfokus. “Jadi tidak ada lagi nanti yang minta-minta di lampu merah. Karena ada forum yang koordinasikan penyaluran CSR,” katanya seraya menyebut, setelah rapat ini akan dilakukan indentifikasi potensi, sasaran, kemudian pembentukan forum akan di SK kan Wali Kota Mataram.
Sementara, Kepala Dinas Sosial Kota Mataram Baiq Hasnawati mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi sesuai UU 11 tentang peran dunia usaha, maupun perusahaan dikaitkan dengan dana CSR. “Selama ini sudah berjalan (penyaluran CSR), tapu belum optimal,” katanya.
Bagi Disos, fokusnya penyaluran CSR pada masalah kesejahteraan sosial (Kesos), serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). “Selama ini, mereka buat program kerja sendiri. Kita fasilitasi. Sekarang tim yang akan mengkoordinir CSR itu,” pungkasnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here