Beranda Praya Metro Bilelando Fokus Program Fisik

Bilelando Fokus Program Fisik

BERBAGI
ILUSTRASI

PRATIM —Pemerintah Desa Bilelando, Kecamatan Praya Timur masih memprioritaskan program fisik tahun ini. Beberapa program tersebut meliputi saluran irigasi, penalutan jalan dan pembangunan drainase desa.
Sekretaris Desa Bilelendo, Jumalim mengatakan, ketiga program itu masuk sebagai program pelaksanaan pembangunan desa. Dalam program itu pihaknya mengalokasikan dana cukup besar, mencapai Rp 791 juta dari Rp 1,2 miliar DD yang diterima tahun ini. Untuk program pembangunan saluran irigasi, dilakukan di enam dusun, yakni Dusun Bilelando, Wise, Bulur Mayung, Kemalikaran, Sentalan, Kelongkong dan Dusun Aur Manis. Anggarannya menghabiskan Rp 635 juta. Sementara untuk program penalutan jalan desa dan pembangunan drainase desa juga dilakukan di beberapa dusun dengan anggaran Rp 155 juta.
“Sebagian besar DD kita tahun ini arahnya ke fisik, karena memang di tiga program ini masih belum tuntas meski sejak beberapa tahun kita juga anggarkan,” jelasnya.
Sementara tahun lalu, Pemdes juga sudah mengalokasikan dana ratusan juta untuk program pembangunan saluran irigasi di lima dusun dan penalutan. Diantaranya di Dusun Bilelando, Gunung Buntak, Bulur Mayung, Sentalan dan di Dusun Kelanjuh. Termasuk juga penalutan pinggir pantai di Dusun Kelongkong. Kendati setiap tahun diprogramkan, namun masih banyak titik yang belum tersentuh. Sehingga tahun depan Pemdes juga berencana untuk memprogramkannya kembali.
“Tahun depan lagi, tapi ya tidak sebanyak tahun ini,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here