Beranda Praya Metro Rumah Risha Disosialisasikan

Rumah Risha Disosialisasikan

BERBAGI

PRAYA — Pembangunan rumah instan sederhana (Risha) bagi 64 warga Desa Aik Bual, Kecamatan Kopang mulai disosialisasikan, kemarin. Hal ini secara bertahap disampaikan untuk kemudian pemberian bantuan langsung berupa uang tunai untuk pembangunan rumah sederhana dari anggaran Kementerian PUPR bagi warga terkena dampak gempa bumi.
Pjs Kades Aik Bual, Iskandar Junaidi mengatakan, dalam waktu dekat pembangunan Risha bakal dilakukan secara swadaya namun melalui pendampingan dari tim yang dibentuk kementerian hingga tingkat desa.
“Untuk awal kita berikan sosialisasi dan pembagian kelompok penerima bantuan, baru selanjutnya dibuatkan rekening anggota dan selanjutnya membangun rumah,” jelasnya.
Ia menyampaikan, pelaksanaan konstruksi harus didampingi tukang bangunan yang berpengalaman disamping ada pendampingan langsung dari tim yang dibentuk pemerintah. Lantaran sederhana, Denah bangunan mestinya simpel dan berbentuk simetris.
“Pakai kayu kering dengan bahan atap yang ringan. Dipasang bok ring dan diikat. Bangunan disesuaikan dengan standar yang ditetapkan pemerintah,” sebutnya.
Sementara itu, Sunardi salah satu pendamping pembangunan Risha menambahkan, program Risha bagi warga yang memiliki rumah rusak berat akibat gempa bumi ini diberikan secara gratis.
“Jadi, jangan sampai ada oknum yang datang guna meminta dana untuk pembangunan rumah,” tegasnya ke warga.
Ia menekankan, di Desa Aik Bual untuk tahap pertama bakal menyalurkan bantuan bagi 30 warga, dan selanjutnya bakal mensosialisasikan kembali ke 35 warga lainnya yang sudah di SK-kan oleh Bupati Loteng untuk menerima bantuan.
“Ukuran rumah nanti 6 x 6 meter. Kita masih tahap sosialisasi bagi Kelompok masyarakat (Pokmas). Baru, kelompok ini buat proposal kebutuhan pembuatan risha dan kita buatkan rekening untuk dicairkan,” pungkasnya. (fiz/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here