Beranda Mataram Korban Disarankan Bangun RISHA

Korban Disarankan Bangun RISHA

BERBAGI

MATARAM —Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, H Mahmudin Tura mengatakan, Senin pecan depan akan kembali ditransfer dana bantuan perbaikan rumah korban gempa. Jumlahnya 955 rekening.

Sebelumnya, telah ditransfer dana ke 20 rekening sebesar Rp 50 juta. Selanjutnya 102 rekening sebesar Rp 25 juta. “Itu informasi dari BRI, akan ditransfer lagi Senin depan. Mungkin isi transferannya Rp 25 juta,” ujar Mahmudin, kemarin.

Di Kota Mataram, terdapat 1674 unit rumah yang mendapat prioritas karena rusak akibat gempa. Targetnya, di bulan Oktober sudah klir. Termasuk untuk bangunan yang rusak ringan. “Kita kejar dulu yang rusak berat. Begitu uang masuk, Rekompak bekerja. ‎Bentuk Pokmas kalau uang sdh keluar,” jelasnya.

Dari satu kelompok masyarakat (Pokmas), harus satu keputusan. Apakah akan membangun RISHA, atau rumah konvensional (RIKO). “Harus sama keputusan, RISHA atau RIKO,” sambungnya.

Sampai sekarang, terdapat
10 pokmas yang sudah ready. Satu Pokmas beranggotakan 10-20 orang. Dari Pokmas itu, 80 persen memilih RISHA. “Hampir semua RISHA, karena menyangkut pertanggungjawabannya nanti. Karena itu uang negara, tidak bisa sembarangan dipakai. Harus ada mekanismenya,” ujarnya.

Karena menggunakan uang negara, pertanggungjawabannya tidak mudah. Untuk itu, ia menyarankan warga membangun RISHA agar tidak direpotkan dalam pembuatan pertanggungjawabnnya.

Saran Mahmudin, 11 rumah contoh RISHA segera dibangun. Dengan begitu, masyarakat bisa melihat bagaimana RISHA, dan tertarik memilihnya. “RISHA saja agar tidak repot pertanggungjawabannya,” sarannya.
Apapun pilihan warga, apakah RISHA atau RIKO, tetap difasilitasi Rekompak. Namun alangkah baik memilih yang termudah, ya RISHA. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here