Beranda Praya Metro PSM Jango Wakil NTB ke Nasional

PSM Jango Wakil NTB ke Nasional

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA HANGAT: Suasana penyambutan tim verifikasi pilar-pilar sosial teladan tingkat nasional 2018 di PSM Al-Ikhlas Desa Jango, kemarin.

Lomba Inovasi Kementerian Sosial

JANAPRIA–Program Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Al-Ikhlas Desa Jango berhak mewakili NTB dalam lomba Inovasi Kementerian Sosial. PSM yang berdiri sejak 2000 silam ini berhak mewakili NTB setelah berhasil mengalahkan sejumlah desa lainnya.
Pjs Kades Jango, Mahudin menjelaskan, selama ini PSM Al-Ikhlas memberikan manfaat besar bagi kemajuan desa. Seperti dunia pendidikan, budaya, ekonomi dan mengubah pola pikir masyarakat menjadi lebih baik.
“PSM kita juga membuat Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang mengajarkan pemuda karang taruna berbahasa asing, seperti bahasa Inggris dan Jepang,” ujarnya.
Ia menyatakan, pelatihan semacam ini dibarengi dengan kesempatan kerja kepada warga, baik di kapal pesiar hingga ke luar negeri. Di samping itu, PSM ini bergerak memberdayakan masyarakat dalam usaha pemecahan batu, membuat, gorong- gorong, pemberian jamban kepada warga miskin, hingga pembuatan sanitasi berbasis masyarakat.
Selain itu, PSM juga turut menjaga rumah budaya yang dibangun di Dusun Kenyalu. Fungsinya, mendukung peninggalan orang para leluhur yang menyimpan berbagai benda seperti ikat kepala tradisional, anyaman ketak, kelopak sapi, keris, penginang, lampu tradisional dan masih banyak lagi.
Sementara Ketua Ikatan PSM Desa Jango, Ilham menjelaskan, saat ini pihaknya sudah dinyatakan lolos seleksi 20 besar sebagai pilar sosial teladan nasional dan selanjutnya menuju lima besar.
“Hal yang kami lakukan adalah inovasi lintas sektor untuk percepatan pembangunan desa. Kami hadir sebagai mitra lembaga pemberdayaan swasta di desa, seperti LPK, LKP, PKBM, PAUD, sanggar seni, CV, PT, hingga majlis taklim,” jelasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here