Beranda Praya Metro Pengusaha Genteng Montong Sapah Diberdayakan

Pengusaha Genteng Montong Sapah Diberdayakan

BERBAGI
ILUSTRASI

PRABARDA—Desa Montong Sapah merupakan salah satu desa penghasil genteng berkualitas di Kecamatan Praya Barat Daya. Sehingga untuk meningkatkan produksinya, Pemdes mengoptimalkan sektor usaha ini dengan melakukan pemberdayaan melalui pelatihan.
Herman Ridwan, Sekdes Montong Sapah menjelaskan, pelatihan industri genteng ini sudah dilaksanakan sejak Maret lalu selama sehari dengan narasumber dari Disperindag Loteng. Sebagai sasaran pemberdayaan, Pemdes mengakomodir tiga dusun yang notabene warganya banyak menjadi pengusaha genteng. Ketiga dusun tersebut yakni Dusun Montong Sapah I, Montong Sapah II dan Dusun Montong Sidu. Dari tiga dusun tersebut, pesertanya berjumlah 30 orang dan sudah dibagi menjadi dua kelompok.
“Kelompoknya sudah dibagi agar mudah dibina dan diawasi perkembangan usahanya,” kata Herman.
Sedang untuk program ini, Pemdes menggelontorkan dana sebanyak Rp 37 juta melalui Dana Desa (DD). Dana tersebut termasuk untuk pengadaan mesin penggiling (molen). Sehingga, untuk mempercepat peningkatan produktifitasnya mesin tersebut sudah diserahkan. Namun alat tersebut merupakan aset desa.
“Jadi kalau pengrajin sudah tidak produktif, maka desa akan menarikanya kembali,” jelasnya.
Sebelumnya lanjut Herman, industri genteng sudah lama berjalan di Montong Sapah. Apalagi bahannya sudah tersedia.
“Alhamdulillah kini produksi mereka meningkat sejak mesin penggilingan itu diberikan. Kami sangat optimitis ke depan usaha warga ini semakin berkembang,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here