Beranda Praya Metro Cara Polisi Menjaga Keamanan di Kawasan Wisata Selatan

Cara Polisi Menjaga Keamanan di Kawasan Wisata Selatan

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA PATROLI: Dua anggota Polsek Kuta saat patroli di kawasan pantai Kuta, beberapa waktu lalu.

Gencarkan Patroli Dialogis Hingga ke Pelosok

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan. Polisi terus memperketat pengamanan di kawasan wisata bagian Selatan, Loteng. Seperti apa?
JAYADI-LOTENG

DESTINASI wisata bagi sebuah daerah merupakan emas yang harus dijaga. Dampak keberadaan ini, akan secara wajib memberikan dampak perekonomian kepada masyarakat sekitar khususnya.
Oleh karena itu, keamanan dan pengembangan destinasi wisata jadi kewajiban penting bagi semua pihak. Lebih khusus aparat kepolisian dan lainnya.
Sebagai bentuk tanggung jawabnya, Polsek Kuta Kecamatan Pujut banyak melakukan terobosan. Salah satunya terobosan yang dianggap jitu yakni, intens turun melakukan patroli dalam rangka melaksanakan pengamanan kunjungan wisatawan yang berkunjung di wisata Loteng.
Hebatnya lagi, aparat Polsek Kuta yang di bawah komando AKP Saogi itu, bukan hanya turun melakukan patroli ke pelosok desa saja. Tapi mereka juga turut mengajak masyarakat untuk melaksanakan ronda malam guna menjaga keamanan lingkungan mereka masing-masing. Terobosan yang diterapkan ternyata membuahkan hasil, sebab sekarang angka kriminalitas di wilayah objek wisata menurun.
“Ternyata bila kita terus bekerja keras pasti kita akan mendapatkan hasil yang bagus juga,” yakin AKP Soagi, kemarin.
Namun, dalam melaksanakan patroli secara dialogis itu, banyak rintangan maupun kendala yang harus mereka hadapi. Walaupun cuaca yang tidak bersahabat, tidak menyurutkan semangatnya bersama personelnya untuk tetap patroli. Karena dengan kegiatan tersebut untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap setiap tindak kejahatan dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

Tapi kata polisi pindahan Polres Lotim ini, bahwa dalam mejaga keamanan wisatawan tidak hanya berada di pundak Polisi saja. Namun menjadi tanggung jawab semua elemen, termasuk masyarakat. Berangkat dari fakta tersebut, dia bersama anggota saat turun melakukan patroli mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mengamankan lingkungannya.
“Dengan memajukan obyek wisata yang ada maka dapat juga memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujar dia. (*/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here