Beranda Headline BPK Turun Tangan Awasi Dana Desa

BPK Turun Tangan Awasi Dana Desa

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA MEMERIKSA: Sejumlah pendamping Desa Kecamatan Praya Timur bersama perangkat desa dan BPD sedang melakukan pemeriksaan progres akhir untuk program fisik di salah satu desa belum lama ini.

PRAYA —Muali tahun ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan NTB turun tangan mengawasi Dana Desa. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko korupsi dan menciptakan program yang tepat sasaran.
“Bagi kami itu sangat bagus. Ini berarti ada kemajuan dalam memaksimalkan arah pengelolaan keuangan desa,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng, Jalaludin.
Kata dia, keputusan BPK untuk ikut turun mengawasi DD di dua kabupaten, yakni Loteng dan Sumbawa merupakan langkah maju. Sehingga DPMD selaku instansi yang menaungi desa menyambut positif kebijakan tersebut. Langkah ini tidak akan mempersulit desa, melainkan dapat membantu desa dalam upaya untuk pengelolaan keuangan yang baik dan tepat sasaran. Karena dalam melakukan pemeriksaan, BPK akan tetap melakukan koordinasi dengan Inspektorat. Sehingga ke depan, tidak ada lagi kades yang berurusan dengan hukum.
“Selama ini mungkin juga petugas Inspektorat sangat minim. Belum lagi, waktu dalam melakukan pengawasan cukup lama dan memerlukan proses panjang. Jadi ini juga bisa membantu Inspektorat,” paparnya.
Selain itu, tugas pencegahan, pendampingan dan fungsi pengawasan bisa membantu aparat penegak hukum (APH). Misalnya, ketika melakukan audit sebuah dugaan penyelewengan dana di desa, Inspektorat tidak mesti meminta dan menunggu hasil pemeriksaan BPK terlebih dahulu. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here