Beranda Headline 25 Calon Penerima Bantuan Stimulan Double Data

25 Calon Penerima Bantuan Stimulan Double Data

BERBAGI
DOK/Radar Mandalika MEMPRIHATINKAN: Kondisi salah satu rumah warga yang mengalami rusak parah akibat bencana gempa bumi melanda beberapa waktu lalu.

Hermanto: Banyak Rumah, Kita Ambil Satu Saja

KLU—Verifikasi rumah warga yang rusak akibat bencana gempa bumi masih terus berjalan. Pemerintah Kabupaten Lombok Utara pun terus mengupdate jumlah kerusakan rumah yang terjadi. Data sementara, jumlah rumah rusak berat yang sudah di SK-kan sebanyak 24.072 unit. Namun informasinya, dari data yang masuk ke meja tim verifikasi diindikasikan ada sebanyak 25 calon penerima double data.
“Setelah kami cek nomor induk KTP-nya 25 orang yang masuk namanya itu double. Jadi kita harus coret dan diambil satu saja,” ungkap Ketua Tim Verifikasi Rehab Rekon Pemkab Lombok Utara, Ir Hermanto.
Sedangkan nama-nama warga yang double ini setelah dicek, memiliki dua sampai tiga rumah. Sehingga semua rumahnya dimasukan dalam usulan bantuan stimulant. Namun hal demikian tidak diperbolehkan, sesuai aturan pemerintah yang hanya memberikan bantuan stimulan untuk satu rumah yang dimiliki warga.
“Bantuan ini bukan mengganti kerugian , namun hanya membantu meringankan beban warga dengan konsep pemerataan. Kami juga sudah tanyakan ke kadusnya dan memang betul yang namanya sama itu merupakan satu orang. Ini hampir terjadi di semua kecamatan,” ungkapnya.
Untuk diketahui, jumlah rumah yang mengalami kerusakan di Lombok Utara akibat bencana Gempa diperkirakan berjumlah 50.665 unit. Dengan angka ini Pemkab sendiri berharap bisa selesai secepat mungkin karena sisa jumlah rumah rusak yang belum di SK-kan sekitar 26 ribu. (crdhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here