Beranda Mataram Dua RPH Rusak Akibat Gempa

Dua RPH Rusak Akibat Gempa

BERBAGI

MATARAM —Dinas Pertanian Kota Mataram mengusulkan anggaran untuk perbaikan dua rumah potong hewan (RPH), dan satu pasar hewan di Selagalas yang rusak akibat gempa. Anggaran diusulkan melalui APBD Perubahan Kota Mataram tahun ini. “Satu RPH hitungannya bisa sampai ratusan juta,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, H Mutawalli, kemarin.
RPH yang rusak parah adalah rumah potong babi di Karang Medain, dan RPH Majeluk meski tidak terlalu parah. “Rumah potong babi hancur, kalau RPH Majeluk rusak rumah penjaganya,” beber Mutawalli.
Untuk perbaikannya, Mutawalli mengaku masih menunggu hasil tim asesmen. Sementara belum diperbaiki, aktivitas di RPH babi tetap di lokasi itu hanya pindah ke bagian luar RPH. “RPH babi tidak berani dipakai. Bahkan bangunannya disandarkan pakai bambu,” ungkapnya.
Untuk aktivitas di RPH Majeluk tidak bisa 100 persen seperti sebelum gempa. Jika sebelumnya bisa memotong antara 20-30 ekor hewan, sekarang sebagian hewan yang dipotong dipindah ke RPH Gubuk Mamben. “RPH Majeluk masih bisa di luar. Kalau RPH babi tetap di lokasi itu, hanya pindah ke halaman RPH. Gak mungkin dipindah kalau RP babi,” katanya seraya menambahkan untuk babi yang dipotong di RPH babi dalam sehari bisa antara 5-10 ekor. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here