Beranda Headline Baru 24.072 Rumah Dinyatakan Rusak Berat

Baru 24.072 Rumah Dinyatakan Rusak Berat

BERBAGI

Lebih Dari Separo Belum Dapat SK

KLU —Teritung 24 September, jumlah rumah rusak berat yang sudah di SK-kan sebanyak 24.072 unit. Jumlah tersebut diperkirakan menyentuh setengah dari total jumlah rumah rusak se-KLU yang diperkirakan mencapai 50.665 unit.
“Kita harap bisa tuntas secepatnya, karena sisa jumlah rumah rusak yang belum di SK-kan 26 ribu lebih,” ujar Hermanto, Asisten II Setda Lombok Utara.
Ia menyatakan verifikasi rumah rusak berat itu sampai tahap 17. Dimana akumulasi rumah warga yang telah di SK-kan sampai tahap 17 adalah 24.072 unit.
“Hari ini sudah sampai tahap 18, draf yang akan di SK-kan sebanyak 4.465 unit. Ini yang paling banyak karena kita dapat tambahan tenaga dari PU,” ujarnya.
Hermanto tak memperdebatkan adanya penilaian lamban terhadap cara kerja tim verifikasi. Namun demikian ia juga meminta masyarakat memaklumi kekurangan tenaga tim verifikasi. Jumlah tenaga reguler yang menganalisis data rumah rusak hanya 30 orang. Jumlah ini adakalanya bertambah jika ada dukungan dari relawan.
“Relawan juga ada yang membantu, tetapi tidak lama. Dari Universitas Pancasila misalnya, hanya tiga hari membantu kita,” jelasnya.
Meski demikian Hermanto optimis pengerjaan analisa rumah rusak akan lebih cepat dengan adanya dukungan tenaga. Sebab tim verifikasi saat ini berjumlah 60 orang dengan masuknya tambahan 30 orang dari PU.
“Kawan-kawan ini bekerja sampai malam untuk menganalisa. Sekarang bisa lebih banyak lagi yang di SK-kan, di atas 2 ribuan. Kalau sebelumnya mentok di angka seribuan unit,” sebutnya.
Dalam proses verifikasi, tim dari kementerian PUPR juga bergerak melakukan verifikasi faktual. Bersama tim pendamping kabupaten menyasar rumah warga. Sambil berjalannya proses, tim juga melakukan verifikasi faktual. Apabila ditemukan rumah warga yang rumahnya rusak sedang dan ringan masuk dalam SK rusak berat, maka warga tersebut akan dialihkan ke kategori lebih rendah sesuai fakta lapangan. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here