Beranda Headline Dikbut Lotim Blokir Rekening Ganda

Dikbut Lotim Blokir Rekening Ganda

BERBAGI
ILUSTRASI

Guru Penerima Uang Kaget

LOTIM – Guru yang mengajar di wilayah terkena dampak langsung bencana gempa bumi di Lombok Timur (Lotim), mendapatkan uang kaget dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Besaran untuk guru honor Rp 13 juta, dan guru PNS Rp 6 juta. Namun saat dilakukan proses pembagian rekening, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lotim menemukan puluhan rekening ganda penerima. Sehingga, Dikbud melakukan pemblokiran.
“Kami tahu penerima ganda, setelah pembagian rekening,” kata Jujuk Ferdianto, Sekretaris Dikbud Lotim, di ruang kerjanya, belum lama ini.
Rekening guru penerima uang kaget menjadi ganda, sebab ada guru yang mengajar di SD, dan di SMA. Terutama, guru honorer. Karena memang, data yang menjadi acuan Kemendikbud, sesuai dengan data yang dilaporkan pihak sekolah setiap bulannya.
Menghindari adanya rekening ganda lagi, semua operator di tingkat kecamatan sudah diperintahkan melakukan konfirmasi langsung melalui surat pernyataan pelaksanaan tugas. Dikbud juga melakukan verifikasi data penerima, dan diperoleh hampir 100 orang dinyatakan tidak layak menerima bantuan uang kaget. Sebab, mereka mengajar di wilayah yang tidak masuk dalam wilayah terdampak langsung. Sejauh ini, jumlah rekening yang sudah dibagikan Dikbud hingga 2300 rekening.
“Kami tidak pernah mengusulkan, tapi memang langsung dari Kemendikbud. Uangnya mereka bisa langsung cairkan,” tandas Jujuk seraya mengatakan, yang tidak dapat uang kaget ini hanya pengawas saja.
Saat ini ungkap Jujuk, pihaknya sedang fokus bagaimana memonitoring tindakan terhadap para guru yang tidak terdampak bencana. Jangan sampai, alasan bencana mereka bermalas-malasan menunaikan tugasnya masing-masing. (fa’i/r3/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here