Beranda Mataram Warga Diedukasi Rumah Tahan Gempa

Warga Diedukasi Rumah Tahan Gempa

BERBAGI

MATARAM —Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) RI, akan membuat pusat informasi rumah tahan gempa di Kota Mataram. Lokasinya ditentukan Pemkot Mataram. “Pusat informasi rumah tahan gempa ini akan memberikan edukasi dan pelatihan bagi masyarakat,” kata Rejeki Peranginangin, Kepala Pusat Kebijakan dan Penerapan Teknologi Balitbang Kementerian PUPR di Mataram, belum lama ini.
Selain kepada masyarakat, pelatihan juga akan diberikan kepada pegawai pemda. Dari pegawai itu, bisa diteruskan informasinya ke masyarakat tentang bagaimana rumah tahan gempa. “Model rumah itu bisa RISHA atau lainnya,” kata dia.
Di Balitbang, terdapat beberapa model rumah tahan gempa. Namun masih dalam proses pilot project, dan hanya RISHA yang sudah teruji. “Teknologi lain akan diperkenalkan juga,” imbuhnya.
Kepala Dinas PUPR Kota Mataram, H Mahmudin Tura menambahkan, nantinya akan disiapkan minimal 10 orang untuk mengikuti pelatihan tentang bagaimana merancang bangunan tahan gempa. Kemudian akan dibangunkan juga contoh rumah tahan gempa, yang bisa setiap saat dilihat secara langsung oleh masyarakat. “Nanti akan dibuat di Taman Selagalas sebagai contoh. Tipe 36 dengan lantai 1 dan 2,” ungkapnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here