Beranda Lombok Barat 549 Caleg Bersaing di 2019

549 Caleg Bersaing di 2019

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PLENO: 549 Caleg sudah diplenokan jadi peserta Pileg 2019.

LOBAR —Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Barat (Lobar) sudah memplenokan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif (Pileg) Lobar, kemarin. Dari 550 Daftar Calon Sementara (DCS), satu dicoret lantaran tidak melengkapi syarat calon hingga batas waktu ditentukan.

Sisanya 549 dinyatakan sebagai Calon Legislatif (Caleg). “Kita sudah plenokan, dan akhirnya menetapkan 549 caleg,” kata Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Lobar, Suryadi Hidayat ditemui di ruang kerjanya.
Ia merincikan, dari 549 caleg itu terdiri dari 338 laki-laki dan 211 perempuan. Sehingga keterwakilan perempuan mencapai sekitar 38,40 persen. Terkait satu Bacaleg yang dinyatakan tidak masuk DCT, disebabkan Bacaleg itu tidak menyerahkan SK pengunduran dirinya hingga batas waktu yang ditetapkan. Bacaleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu, masih berstatus sebagai kepala dusun (Kadus).
“Ada juga masukan tanggapan dari masyarakat (atas Bacaleg itu),” sambungnya.
Sebenarnya terdapat satu lagi Bacaleg yang awalnya tidak masuk DCT. karena mengundurkan diri. Hanya saja karena Bacaleg itu wanita, sehingga dapat digantikan dengan Bacaleg lain yang juga wanita. Mengingat perempuan dapat mempengaruhi syarat keikutsertaan dalam Pileg pada masing-masing partai politik (Parpol). “Itu ada dari PBB, Hanya perempuan yang bisa diganti karena bisa mempengaruhi kursi d isitu. Kalau perempuan mundur tidak ada penggantinya maka akan hangus juga calon yang lain,” jelasnya.
Setelah penetapan DCT ini, selanjutnya akan memasuki masa kampanye selama 7 bulan. Mulai dari 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Itu untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pileg. KPU menekankan kepada seluruh peserta Pemilu untuk segera mendaftarkan tim kampanyenya. Termasuk juga akun media sosial yang digunakan berkampanye. “Kalau tim kampanye Pilres itu paling telat terdaftar H-3 kampanye, untuk pelaksanaan kampanye H-1,” imbuhnya.
Para peserta juga harus menyerahkan desain alat peraga kampanye. Nantinya KPU dapat memfasilitasi alat peraga kampanye. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here