Beranda Praya Metro Waspadai Malaria Serang Pengungsi

Waspadai Malaria Serang Pengungsi

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA CERIA: Anak-anak pengungsi tengah bermain yang disediakan anggota Polwan Polres Loteng, belum lama ini.

PRAYA – Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Tengah (Loteng), H Omdah mengaku tengah mewaspadai serangan penyakit malaria bagi warga yang masih di pengungsian.
“Selain penyakit ISPA, Diare kami juga sekarang atensi penyakit malaria,” kata Omdah di Becingah, kemarin.
Meski belum ada laporan para pengungsi yang terjangkit hingga saat ini, namun penyakit tersebut harus tetap diwaspadai. Sebab, penyakit malaria merupakan jenis penyakit menular yang bisa menimbulkan kematian jika penderita tidak segera diberikan pengobatan.
“Makanya sekarang kami dari tim medis ekstra untuk menurunkan tim medis ke para pengungsi,” bebernya.
Omdah menyatakan, selain intens menurunkan tim tenaga medis ketengah para warga, pihaknya juga meminta masyarakat agar melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk serta menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit malaria. Selain itu, juga petugas medis melakukan penyemprotan larvaciding guna membunuh jentik-jentik nyamuk anopheles yang berkembangbiak di kali atau lainya dekat tenda pengungsi.
“Kebanyakan warga di tiga kecamatan mengungsi di sawah. Belum lagi kondisi wilayah setempat meski hujan yang turun gerimis, namun di sana tidak pernah kering,” ceritanya.
Selain itu, kondisi pengungsian yang kurang bersih dengan rata-rata kapasitas per tenda membludak, menambah subur perkembangan nyamuk anopeles dan jenis nyamuk lainnya. Tapi pihaknya harapkan tidak ada warga yang terjangkit penyakit mematikan tersebut.
Sedangkan untuk penyakit infeksi saluran pernapasan (ispa) dan diare sendiri memang banyak ditemukan menjangkit warga. Namun, pihaknya sudah langsung turun tangan untuk mencegahnya. Mereka yang terkena penyakit ini, pihaknya langsung memberikan pengobatan.
“Kami tetap melakukan monitor pelayanan kesehatan ke lokasi pengungsi,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Loteng, H Moh Suhaili FT menyatakan, bukan hanya pembangunan hunian sementara pihaknya meminta agar aspek kesehatan tersebut menjadi prioritas penanganan.
“Kami juga sudah meminta agar posko relawan pemulihan pasca bencana dibuatkan di setiap dusun atau desa,” perintah Suhaili. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here