Beranda Praya Metro Rubella Meleset dari Target

Rubella Meleset dari Target

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Omdah

PRAYA – Program vaksin Measles Rubella (MR) meleset dari target pemerintah pusat. Di Loteng juga demikian. MR ini tidak bisa dilanjutkan alias ditunda karena belum dianggap halal karena belum dikeluarkan sertifikat halal oleh MUI pusat.
“Target pelaksanaan imunisasi campak dan rubella sebelum dihentikan sudah mencapai 16 persen. Jika melihat waktu hanya dua bulan setelah program dilaksanakan, kami memastikan program ini tidak mencapai target,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, H Omda di Bencingah Adiguna Praya, kemarin.
Omdah menegaskan, penundaan untuk bukan hanya untuk wilayah Loteng saja. Namun hampir di semua kabupaten/kota di Indonesia. Untuk kapan program ini akan kembali dilanjutkan, pihaknya masih belum mengetahui. Tapi pihaknya masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat saja.
“Kalau sudah keluar perintah untuk dilaksanakan kembali. Ya kami akan melanjutkan,” tuturnya.
Untuk itu, secara otomatis target pelaksanaan imunisasi campak dan rubella yang dilaksanakan terpaksa harus dihentikan. Sehingga dibutuhkan waktu lagi untuk menyelesaikan program imunisasi tersebut, karena masih banyak yang belum diberikan vaksinasi khsusunya di Loteng.

“Kalau tidak salah yang belum di imunisasi itu sekitar 84 persen,” bebernya.
Ia menjelaskan, cakupan anak yang ingin diimunisasi targetnya mencapai puluhan ribu dan ditargetkan akan selesai pada September mendatang. Untuk semua vaksin juga telah tersedia, tetapi akan dikirim secara bertahap dari Pemerintah Provinsi (Pemprov). Dari ketentuannya, semua balita usia 9-59 bulan diwajibkan untuk mengikuti imunisasi campak tersebut. Sebab, dampak campak merupakan penyakit menular yang bisa menyebabkan komplikasi terhadap tubuh manusia. Dimana untuk mencegah tertularnya virus campak dan rubella yang bisa membuat anak menderita penyakit seperti demam, kulit memerah, radang paru-paru hingga radang otak.
“Makanya kami kawatir jika program itu tidak dilanjutkan kembali,” tuturnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here