Beranda Mataram Pusat Siapkan Dana Perbaikan Pasar

Pusat Siapkan Dana Perbaikan Pasar

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA L Alwan Basri

MATARAM —Kementerian Perdagangan (Kemendag) memiliki dana pascagempa. Dana itu dikhususkan untuk perbaikan sarana prasarana, seperti pasar di Pulau Lombok yang terdampak gempa langsung maupun tidak langsung. Termasuk bagi pasar di Kota Mataram. “Tapi masing-masing daerah diminta membuat rancangan. Untuk satu pasar anggarannya Rp 2,5 miliar,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, L Alwan Basri.
Dana tersebut sudah tersedia, tinggal Pemkot Mataram memasukkan usulan ke rencana aksi. Kemudian diajukan melalui Bappeda ke pemerintah pusat. Sesuai rencana, perbaikan pasar juga harus selesei dalam jangka waktu tiga bulan.
Di luar dana dari APBN itu, melalui APDB Kota Mataram juga disiapkan anggaran Rp 500 juta. Kebutuhannya juga untuk perbaikan pasar. “Peruntukannya beda. Rp 500 juta untuk perbaikan ringan.nanti pembangunan kios pakai yang Rp 2,5 miliar,” jelasnya.
Ditambahkan, tercatat enam pasar terdampak gempa. Yakni Kebon Roek, Mandalika, Cakranegara, Karang Sukun, Karang Lelede, dan Pejeruk. Dinas Perdagangan sudah mengusulkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk anggaran perbaikan tiga pasar. Yaitu, pasar Mandalika, Kebon Roek, dan Karang Sukun di APBP Perubahan 2018. Pembagiannya, masing-masing Rp 200 juta untuk Pasar Kebon Roek, dan Karang Sukun. Sedangkan Pasar Mandalika dianggarkan Rp100 juta.
Mengenai ketersediaan bahan pokok pascagempa, Alwan mengatakan, dari Bulog telah membuka Toko Kita di lima pasar. Toko Kita tersebut menjual beras medium dan premium, minyak goreng serta telur. “Harga standar sesuai HET (harga eceran tertinggi),” sebutnya.
Kemudian akan pula kembali digelar pasar murah di akhir September atau awal Oktober. Dilanjutkan kembali pasar murah di bulan November hingga Desember. “Beras sudah ada jaminan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi. Stok lima bulan ke depan aman. Bulog juga menjamin beras, migor, tepung dan sembako lain aman. Bahkan Bulog menjamin hingga delapan bulan ke depan aman,” jelasnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here