Beranda Lombok Barat Parpol Harus Serahkan Dua Laporan

Parpol Harus Serahkan Dua Laporan

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Suhaimi Syamsuri

LOBAR —Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Barat (Lobar) mengingatkan partai politik (Parpol) peserta pemilu 2019, tidak lupa menyerahkan laporan awal dana kampanye dan tim kampanye. Bagi parpol yang tidak menyerahkan, bisa dicoret dari daftar peserta pemilu.
Sesuai tahapan, batas penyerahan laporan awal dana kampanye pada 23 September 2018 mendatang. Aturan ini berlaku bagi seluruh kepengurusan Parpol peserta pemilu se Indonesia. “Kalau tidak diserahkan pada tanggal 23 September, parpol dibatalkan sebagai peserta. Tidak ada artinya ikut Pileg, kalau dianggap bukan peserta,” ujar Ketua KPU Lobar, Suhaimi Syamsuri, kemarin.
Dijelaskan, laporan dana awal yang disampaikan hanya mencakup penggunaan kampanye parpol di wilayah Lobar saja. Dana yang dilaporkan itu bersumber dari sumbangan perorangan, kelompok, maupun badan usaha non pemerintah.
Termasuk juga laporan belanja para caleg para parpol tersebut. “Itu dikonversi dalam bentuk uang. Ada uang, ada barang dan ada jasa,” rincinya.
Terdapat batasan sumbangan dana kampanye yang boleh dipergunakan. Baik untuk pemilu presiden maupun pileg pada wilayah itu. Untuk Pilpres, pembatasan sumbangan daya kampanye adalah sumbangan perorangan Rp 2,5 miliar, kelompok Rp 25 miliar, dan badan usaha non pemerintah Rp 25 miliar.
Sedangkan untuk DPD, batasan sumbangan dana yang diterima, dari perorangan Rp 750 juta, kelompok Rp 1,5 miliar, dan badan usaha non pemerintah Rp 1,5 miliar.
Setelah penyerahan laporan dana awal kampanye, parpol akan kembali menyerahkan laporan penerimaan dan pengunaan dana kampanye (LPPDK) ke KPU untuk diudit. Penyerahan dilakukan paling telat 26 April 2019. Lagi-lagi jika tidak menyerahkan, akan ada sanksi yang diterima. Berupa pembatalan sebagai calon terpilih, meskipun telah dinyatakan sebagai pemenang. “Meskipun mendapat suara, akan dibatalkan, Tidak ditetapkan sebagai calon terpilih,” tegasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here