Beranda Lombok Timur Jabatan Lowong Didominasi Karena Pensiun

Jabatan Lowong Didominasi Karena Pensiun

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Irpan Widiatma

LOTIM – Puluhan jabatan eselon II dan III lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur (Lotim), lowong. Untuk eselon II, mulai dari posisi Asisten I, Asisten III, Kepala Dinas Koperasi, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan lainnya. Sementara jabatan eselon III, mulai dari Camat Pringgabaya, dan sejumlah Kabid dan lainnya. Rata-rata, jabatan tersebut lowong lantaran pensiun.

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Sekretariat Daerah (Setda), Irpan Widiatma, kepada Radar Mandalika mengatakan, kekosongan penjabat definitif di Setda yang menjadi tanggungjawabnya. Kekosongan itu pensiun, ada yang meninggal dunia, serta mutasi. Rinciannya karena meninggal dunia adalah Asisten III, dan tiga Kepala Sub Bagian (Kasubag) karena pensiun. Sementara Asisten I karena terjadi mutasi. “Semua yang lowong, sudah diisi dengan Pelaksana Tugas (Plt),” terang Irpan.
Soal pengisian jabatan, menjadi kewenangan penuh Bupati terpilih. Sebaliknya Penjabat Bupati tidak diberikan kewenangan melakukan mutasi. Kendati saat penempatan Penjabat Sementara (Pjs) yang diberikan kewenangan mengisi jabatan kosong oleh Mendagri, namun itu tidak dilakukan. Sehingga, pengisian jabatan lowong mulai dari eselon II sampai eselon IV menjadi kewenangan bupati terpilih nanti. “Kalau dilingkup Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), kabarnya sangat banyak sekali jumlahnya. Sebab, tahun ini banyak sekali yang pensiun,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here