Beranda Praya Metro Delapan Kecamatan Krisis Air

Delapan Kecamatan Krisis Air

BERBAGI
ILUSTRASI

PRAYA — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah (Loteng), H Muhammad sudah mendata, terdapat delapan kecamatan di Loteng krisis air sekarang. Yakin, Kecamatan Pratim, Janapria, Pujut, Prabar, Prabarda, Pringgarata, Jonggat, Prateng.
“Sementara kecamatan yang tidak kenak dampak musim kemarau, Kecamatan Batukliang, Batukliang Utara (BKU), Pringgarata dan Kopang,” beber Muhammad, kemarin.
Muhammad menyampaikan bahwa kondisi musim kemarau saat ini, secara otomatis berdampak besar. Untuk itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai element untuk mengantisipasi permasalahan tersebut.
“Kita sudah droping 240 tenki air bersih ke masyarakat,” katanya.
Dia menegaskan, sebelumnya pihak BPBD hanya melakukan droping air kepada masyarakat yang terkena dampak kemarau saja. Akan tetapi, sesuai dengan arahan dari Bupati bahwa para korban gempa bumi juga harus tetap disuplai kebutuhan air bersih mereka. Karena, mereka juga sangat kesulitan dengan ketersediaan air bersih.
“Karena korban gempa juga membutuhkan air bersih maka itu dipasilitasi oleh PMI untuk ketersediaan air bersih di wilayah yang terkena gempa,” jelasnya.
Ia mengaku, dari hasil analisa dan belajar dari tahun- tahun sebelumnya, jika permasalahan kemarau ini akan bisa diselesaikan hingga Oktober. Mengingat, pada bulan Oktober itu diprediksi sudah turun hujan, hanya saja yang menjadi masalah nantinya ketika hujan turun dan menyebabkan banjir bandang yang kerap terjadi.
“Yang jelas paling telat November sudah turun hujan, sehingga Desember dan Januari itu merupakan puncak hujan,” yakinnya.
Dia mengungkapkan, pihaknya juga sebenarnya sudah melakukan pemetaan terhadap kondisi mata air yang ada di Loteng. Karena untuk mata air sebenarnya tidak hanya ada di wilayah Utara saja. Akan tetapi, di wilayah Selatan Loteng juga sebenarnya masih memiliki potensi mata air yang bisa dikelola dengan baik.
“Tapi iya untuk tiga bulan ini sudah kita siapkan air bersih,” katanya lagi. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here