Beranda Lombok Timur Bursa Inovatif di Awal Oktober

Bursa Inovatif di Awal Oktober

BERBAGI
DOK / RADAR MANDALIKA HM Juaini Taofik

LOTIM – Awal bulan Oktober mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Lombok Timur (Lotim), akan menghelat bursa inovatif desa. Dalam kegiatan itu, DPMD akan menggunakan konsep berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Kepala DPMD Lotim, HM Juaini Taofik kepada Radar Mandalika, via ponselnya kemarin mengatakan, konsep bursa inovatif tahun lalu titik beratnya lebih pada pengenalan bursa inovatif sendiri. Sementara perhelatan kedua awal Oktober mendatang, akan lebih dipertajam pada forum konsultasi.
Artinya, para peserta bursa inovatif dari kalangan Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lembaga desa lainnya, bisa memanfaatkan momen itu, untuk berkonsultasi tentang apa yang dianggarkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD). “Saat ini, para pendamping dan tenaga ahli (pelaksana bursa) sedang pelatihan di Mataram,” terangnya.
Dikatakan, bursa inovatif tersebut akan menjadi wahana para pemangku kepentingan desa untuk mengetahui praktek pembangunan desa, yang dilakukan oleh desa lain. Apakah itu praktek pembangunan dilakukan desa-desa di NTB atau di Pulau Jawa. Apa yang akan dilihat melalui pamphlet atau video bisa dikonsultasikan, apakah bisa diterapkan di desa tersebut atau tidak. Tentu sesuai masalah dan potensi desa itu sendiri. “Ada banyak stand dibuat nanti, seperti pojok sistem informasi desa dan inovatif lainnya,” tandas Juaini.
Ia berharap bursa inovatif ini nantinya dimanfaatkan betul oleh semua pihak yang dilibatkan sebagai peserta. Karena memang, kegiatan tersebut bukan seremonial belaka. Tetapi banyak hal penting bisa diambil, sebagai modal untuk membangun desa lebih baik dan lebih sejahtera. “Mudah-mudahan semuanya berjalan sesuai harapan, demi kemajuan desa kita di Lombok Timur ini,” pungkas Juaini. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here