Beranda Lombok Barat Tunggu SOP Pencairan Bantuan

Tunggu SOP Pencairan Bantuan

BERBAGI

LOBAR —Bantuan dari pemerintah pusat bagi korban gempa yang rumahnya rusak berat, sudah sebagian masuk ke rekening. Hanya masyarakat belum bisa mencairkan uang tersebut, lantaran harus ada surat rekomendasi dari Bupati Lobar.
Bupati Lobar H Fauzan Khalid pun mengaku belum berani mengeluarkan rekomendasi tersebut. Sebab, ia belum menerima standar operasional prosedur (SOP) dari BNPB. “(SOP) bukan kewenangan kita, tapi kewenangan BNPB,” jelas Fauzan yang dikonfirmasi selepas melantik enam kepala SKPD, kemarin.
Fauzan menegaskan, tidak akan berani mengeluarkan rekomendasi tersebut sebelum adanya SOP. Ia pun sedikit memahami kondisi pemerintah pusat kenapa perlunya SOP itu. Pada dasarnya, tujuan pemerintah baik. Pusat memiliki kekhawatiran jika bantuan itu salah pemanfaatannya saat sudah dicairkan. “Mungkin dipakai untuk yang lain, padahal untuk membangun rumah. Karena tidak semua masyarakat itu sama, jadi perlu adanya rambu-rambu yang ketat. Ini yang kita tunggu,” tegasnya.
Meski demikian, Bupati tetap berkeyakinan jika uang tersebut pasti bisa dicairkan nantinya. Sebab hal ini juga menyangkut kepercayaan masyarakat kepada Presiden. “Karena presiden yang janji,” ujarnya.
Hanya ia tidak bisa memastikan kapan pencairan bisa dilakukan, lantaran menjadi kewenangan pusat. Mengenai proses verifikasi untuk bantuan, kata dia, terus berproses. Hingga 12 September, terdapat 46 ribu lebih rumah yang sudah terverifikasi dari target 50 ribu rumah. “Kita beri waktu PU sampai tanggal 15 September (untuk verifikasi),” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here