Beranda Headline Pembersihan Reruntuhan Diklaim 65 Persen

Pembersihan Reruntuhan Diklaim 65 Persen

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA PEMBERSIHAN: Aparat dari Brimob bersama warga, saat membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan di wilayah Pringgabaya.

LOTIM – Sejak ditetapkan status masa transisi ke pemulihan, pembersihan puing-puing reruntuhan bangunan pascagempa bumi terus dilakukan. Bahkan untuk mempercepat proses pembersihan, Penjabat Bupati memutuskan semua jajarannya ngantor di lokasi bencana, membantu membersihkan puing-puing reruntuhan tersebut. Terhadap progres hasil pembersihan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur (Lotim) mengklaim capaiannya sudah 65 persen.
Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Penanggulangan Bencana BPBD, Lalu Rusnan, di kantor Bupati, kemarin mengatakan, semua elemen sudah digerakkan Penjabat Bupati untuk melakukan pembersihan. Baik menggunakan alat berat seperti eskavator dan secara manual. “Kita memang kekurangan alat berat, tapi informasinya ada bantuan peminjaman alat berat beberapa unit. Dioperasikan untuk membersihkan rumah mengalami rusak berat,” jelasnya.
Pembersihan menggunakan alat berat, hanya bisa digunakan pada bangunan yang bisa dijangkau. Sementara bangunan yang tak bisa dimasuki alat berat, dibersihkan secara manual. “Mudah-mudahan dengan diterjunkan semua jajaran oleh Bupati, pembersihan cepat tuntas,” harapnya.
Kaitan dengan rencana pembangunan rumah, ditargetkan bisa secepat mungkin dan selesai sesegera mungkin. Pembangunan rumah bisa terealisasi, jika pembersihan bangunan sudah selesai. “Sekarang kita konsen dulu ke pembersihan, sembari menunggu kebijakan pihak berwenang, kapan pembangunanya dilakukan,” tandasnya.
Sembari menunggu rumah masyarakat jadi dibangun dengan model yang ditentukan pemerintah, pembangunan Hunian Sementara (Huntara) diusahakan tidak bergeser dari lahan masyarakat. “Yang jelas, Huntara tidak didirikan di lokasi rumah yang akan dibangun,” pungkas Rusnan. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here