Beranda Lombok Timur Komitmen Penjabat Bersama OPD Kepada Masyarakat Korban Bencana (2-habis)

Komitmen Penjabat Bersama OPD Kepada Masyarakat Korban Bencana (2-habis)

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA H Lalu Syafi’i

Kurangi Penderitaan Korban, Tekankan OPD Bangun Jaringan

Pemenuhan logistik, terus dilakukan pemerintah. Termasuk para donatur dari berbagai asal. Semua OPD dan jajaran Setda, diharapkan pro aktif membangun jaringan, agar kebutuhan korban bencana tetap terpenuhi baik.
MUHAMAD RIFA’I – LOTIM

GEMPA bumi susulan melanda Pulau Lombok, sampai saat ini masih terjadi. Kondisi ini membuat tidak sedikit masyarakat masih enggan kembali tidur nyenyak di rumahnya. Tenda, dirasakan sebagai satu-satunya tempat paling enak untuk merebahkan tubuhnya, terutama pada malam hari.
Bukan saja masyarakat enggan tidur di rumahnya, tapi Proses Belajar Mengajar (PBM) juga dilakukan di tenda sebagai tempat paling aman. Pasalnya, mereka masih diselimuti rasa takut terjadi gempa susulan.
Sejak ditetapkan status transisi ke pemulihan, dan seiring dengan berakhirnya masa jabatan Bupati H Moch Ali Bin Dachlan. Mengisi kekosongan pimpinan, sembari menunggu pelantikan Bupati terpilih, H Lalu Syafi’i ditunjuk melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Selain bertugas melakukan penyelenggaraan pemerintahan, juga mengawal proses penanganan bencana dalam status masa transisi ke pemulihan ini.
Sejak dilantik menjadi penjabat bupati, dengan tegas menyatakan komitmen tinggi, dalam melakukan penanganan bencana. Berbagai langkah strategis sudah dikeluarkan, sehingga proses pemenuhan kebutuhan dasar, pembersihan reruntuhan dan sebagainya. Semua jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jajaran Sekretariat Daerah (Setda) dan lainnya, diberikan tugas melakukan pendampingan, sehingga penderitaan masyarakat menjadi berkurang.
Penjabat tak ingin, kehadiran para OPD dan jajaran lainnya yang diberikan tugas pendampingan, justru menjadi beban masyarakat. Kehadiran OPD agar beban masyarakat berkurang.
Setiap Rapat Koordinasi (Rakor), Penjabat Bupati H Lalu Syafi’i, tetap mengingatkan para OPD dan jajaran lainnya, terus membangun jejaring dan membuat link dengan semua pihak terkait. Dengan demikian, rasa empati mengalir terhadap masyarakat, dan masyarakat yang menjadi korban bencana tidak merasa sendiri. “Kita harus selalu hadir di tengah masyarakat. Kita harus bisa membuat masyarakat merasa tidak sendiri, dengan cara terus membantu pemenuhan kebutuhan logistik, dan membantu membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan,” kata H Lalu Syafi’i. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here