Beranda Praya Metro Ketika Minyak Kelapa Murni Jadi Pilihan

Ketika Minyak Kelapa Murni Jadi Pilihan

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA USAHA: Salah satu pengusaha minyak kelapa murni saat meproduksi produknya, kemarin.

Dipercaya Sembuhkan Berbagai Penyakit, Dari Flu Hingga Kanker

Berobat tidak melulu mengandalkan obat-obatan kimia atau operasi. Namun, minyak kelapa murni pun menjadi pilihan alternatif masyarakat saat ini.
HAFIDZUDDIN – LOTENG

SELAIN untuk menggoreng masakan,
minyak kelapa murni juga dipercaya bisa menyembuhkan beragam macam penyakit. Mulai dari flu, maag, tekanan darah tinggi atau rendah, sakit ginjal, liver, diabetes, stroke, sakit jantung, sakit paru-paru, herpes, asam urat, tumor, kista, hingga kanker. Tak heran, banyak warga kini mulai memproduksi minyak ini. Seperti yang digeluti sejumlah warga di Dusun Lamboan, Desa Jurang Jaler, Kecamatan Praya Tengah. Di Jurang Jaler sendiri, satu kelompok terdiri dari empat hingga lima orang. Mereka memiliki tugas masing-masing, yakni mencari bahan baku kelapa, mengupas, pemarutan, pengolahan hingga pemasaran.
“Produksi kita Alhamdulillah lancar, tapi pemasarannya masih di sekitaran Praya saja,” ujar salah satu pengusaha minyak kelapa Murni Desa Jurang Jaler, Junaidi.
Untuk bahan baku kelapa sendiri, dirinya tidak mengaku kesulitan. Sebab wilayahnya merupakan salah satu desa dengan lahan perkebunan kelapa yang cukup luas.
“Kelapa di sini masih Rp 1.500 per biji. Jadi cukup murah kok,” ujarnya.
Dijelaskan pria berkumis tipis ini, untuk 10 biji kelapa, bisa menghasilkan tujuh botol minyak yang berisi masing-masing 140 mililiter. Sedangkan untuk harga jual, mereka menjualnya seharga Rp 25 ribu perbotol. Meski untungnya tak begitu besar, namun mereka mengaku cukup bersyukur dan akan terus menggeluti usaha tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here