Beranda Praya Metro Kejari Bidik Montong Ajan

Kejari Bidik Montong Ajan

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Feby Rudi Purwanto

Cek Kwitansi Pengembalian DD

PRAYA —Kejaksaan Negeri (Kejari) Lombok Tengah akan kembali mengecek kwitansi bukti pengembalian Dana Desa (DD) Montong Ajan yang menjadi temuan Inspektorat pada pertengahan tahun lalu.
Kasi Intel Kejari Loteng, Feby Rudi Purwanto mengatakan, pengecekan kwitansi itu sendiri dilakukan karena adanya tuntutan dari masyarakat beberapa hari lalu saat hearing ke kantor DPRD Loteng. Tuntutan itu didasari atas dugaan masyarakat jika pada program tahun lalu ditemukan kerugian negara pada beberapa program yang dilaksanakan Pemdes setempat. Karena sebelumnya, dari hasil audit Inspektorat ditemukan bahwa kerugian negara saat itu mencapai Rp 200 juta.
Oleh Inspektorat sendiri, setelah melakukan audit program, telah mengeluarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) ke Pemdes dan meminta agar dana tersebut segera dikembalikan. Setelah dikembalikan, Pemdes kemudian menunjukkan bukti pengembalian dana itu berupa kwitansi kepada Kejari.
“Tapi warga kembali menuntut, makanya kita mau cek lagi. Apa benar dana itu sudah dikembalikan ke kas desa, atau jadi silpa?” terangnya.
Ditambahkan, persoalan ini memang sebelumnya tidak pernah dilaporkan ke Kejari melainkan ke Inspektorat. Sehingga pihaknya tidak melakukan pemeriksaan. Sedang dari Inspektorat selaku auditor mengaku jika Montong Ajan sudah tidak ada persoalan karena sudah dilakukan audit dan dana itu sudah dikembalikan.
“Tapi jika nanti dana itu belum juga dikembalikan, pasti kita akan memprosesnya,” tegasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here