Beranda Mataram Jatah K2 Hanya Dua Formasi

Jatah K2 Hanya Dua Formasi

BERBAGI
CPNS

MATARAM—Kota Mataram hanya mendapat 262 formasi untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Padahal, Pemkot Mataram mengusulkan lebih dari 800 formasi CPNS. Dari 262 formasi, rinciannya 130 guru, 100 tenaga medis, 30 tenaga teknis dan dua orang untuk jalur khusus bagi Katagori dua (K2). Yakni satu guru, dan satu tenaga medis.
Melihat kuota yang didapat itu, Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito mengaku, tak bisa berbuat apa-apa. Karena itulah jatah yang diberikan pusat. Tentunya disesuaikan dengan formasi yang disiapkan pusat. Dimana pusat menyiapkan 187 ribu formasi yang dibagi ke 525 kabupaten/kota se Indonesia. “Kita seh berharap sebanyak-banyaknya dikasih formasi sesuai diajukan. Tapi kan tidak semua daerah dikasih sesuai permintaan,” katanya, kemarin.
Dari kuota 262 formasi CPNS, formasi prioritas adalah tenaga pendidik (guru), serta medis. Sisanya tenaga teknis. Terhadap formasi khusus, peruntukkan bagi K2, difable, dan lulusan cum laude. Namun Mataram hanya dapat mengakomodir K2. “(K2) Itu yang disetujui Menpan RB,” dalihnya.

Melihat jumlah formasi yang disetujui hanya 262, sementara anggaran yang disiapkan Pemkot Mataram untuk kebutuhan penerimaan CPNS mencapai Rp 500 juta. Nominal itu, kata Eko, hanya anggaran untuk persiapan. “Tidak mesti semuanya terpakai untuk penerimaan CPNS,” ujarnya.
Mengenai kemungkinan adanya titipan di penerimaan CPNS tahun ini, Eko menampiknya. Alasannya, tes hingga penilaian dilakukan pusat. “Saat itu juga peserta tahu nilainya. Gimana mau nitip-nitip,” tegasnya.
Sekda juga mengimbau masyarakat tidak terbuai dengan bujuk rayu oknum tertentu yang menjanjikan bisa meloloskan menjadi PNS dengan iming-iming menyerahkan uang. Ia memastikan, hal itu adalah penipuan. “Pelaksanaan di pusat dan sangat transparan. Masing-masing peserta bisa lihat hasil tesnya saat itu juga,” sambungnya.
Sebagai informasi, jalur khusus K2 dengan kualifikasi pendidikan S1 untuk tenaga guru sejak November 2013. Tenaga kesehatan minimal D3 sejak November 2013, dan usia maksimal 35 tahun pada Agustus 2018.
Pendaftaran CPNS sudah dijadikan satu dengan pusat melalui daring dan akan diumumkan pada 19 September 2108. Verifikasi pendaftaran selama satu pekan, kemudian melakukan ujian. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here