Beranda Lombok Timur Jadup Tunggu Verifikasi Data Tuntas

Jadup Tunggu Verifikasi Data Tuntas

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA HR Mulyanto Tejo Kusumo

LOTIM – Penyaluran kebutuhan dasar oleh pemerintah, sebentar lagi akan berakhir. Kebutuhan dasar logistik untuk korban gempa bumi akan diganti pemerintah dengan memberikan korban gempa bumi Jaminan Hidup (Jadup), berupa uang tunai. Jadup ini, diperuntukan bagi korban yang rumahnya mengalami rusak berat.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Lotim, Raden Mulyanto Tejo Kusumo, via ponselnya, kemarin mengatakan, lama jadup diberikan terhadap korban yang rumahnya mengalami rusak berat, tergantung seberapa lama perbaikan rumahnya. Hanya saja, Jadup bisa diusulkan jika proses verifikasi data penerima sudah rampung. “Kalau sudah selesai diverifikasi, baru dilaporkan ke Kementerian Sosial (Kemensos). Hasil verifikasinya ditagih terus ini sama Kemensos,” kata Mulyanto.
Jadup tidak diberikan per orang. Melainkan hitungannya untuk satu Kepala Keluarga (KK). Nilai jadup yang akan diterima, belum dibicarakan. Apakah jumlahnya disamakan dengan nominal yang diterima melalui Program Keluarga Harapan (PKH) atau tidak. “Soal Jadup sudah oke. Kalau sudah selesai verifikasi dan diterbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati, baru diusulkan,” katanya seraya berharap verifikasi SK segera rampung dan segera pula dibuatkan SK dari bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda).
Kaitan dengan jumlah korban meninggal dunia, dikatakannya, terus bertambah menjadi 61 orang lebih, khususnya selama masa tanggap darurat. Bahkan, ada yang melaporkan warganya meninggal dunia akibat gempa bumi, secara sekaligus dengan alasan tertentu.
“Sejauh ini, baru 26 orang keluarga korban meninggal dunia yang diberikan santunan oleh Kemensos. Sisanya, masih dalam proses,” tutup Mulyanto. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here