Beranda Headline Golkar Menang Sengketa di Bawaslu RI

Golkar Menang Sengketa di Bawaslu RI

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA MENANG: LO DPD II Golkar Lobar, Adi Subardi menunjukkan nama Bacaleg Golkar yang sempat bersengketa yang sudah masuk dalam DCS, kemarin.

LOBAR —Pengajuan DPD II Partai Golkar Lombok Barat (Lobar) atas pengkajian hasil ajudikasi sengketa Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), dikabulkan Bawaslu RI. Artinya, Bacaleg Golkar yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), bisa masuk DCS yang dikeluarkan KPU Lobar.
“Langsung dijawab Bawaslu RI dengan memerintahkan Bawaslu kabupaten/kota untuk membatalkan keputusan penolakan ajudikasi atas permohonan Golkar Lobar,” kata LO DPD II Golkar Lobar, Adi Subardi yang ditemui di sela-sela acara KPU, kemarin.
Menurutnya, jawaban Bawaslu RI atas koreksi hasil sidang ajudikasi Bawaslu Lobar diterima oleh pihaknya pada Jumat (7/9) lalu. Surat Bawaslu RI juga memerintahkan KPU Lobar mengakomodir Bacaleg yang bersengketa tersebut. Untuk memasukakn namanya ke DCS.
Atas kemenangan di Bawaslu RI, rencana Golkar melaporkan KPU Lobar ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (KPP) dibatalkan. Adi berdalih, pelaporan ke DKPP tidak mengenal batas waktu. Alasan lain, belum dilakukan rapat dengan pengurus dari tingkat DPD II kabupaten/kota hingga DPD I provinsi mengenai permasalahan itu. “Kita lihat nanti dah,” cetusnya.
Adi sangat menghargai sikap KPU dan Bawaslu Lobar yang sudah menindaklanjuti permintaan Bawaslu RI tersebut.
Sementara Ketua KPU Lobar, Suhaimi Syamsuri mengaku jika pihaknya sudah melaksanakan keputusan Bawaslu RI. Apalagi Golkar menyerahkan hasil putusan Bawaslu RI itu sebelum batas akhir perbaikan, yakni tanggal 10 September. KPU pun sudah memasukan nama Bacaleg tersebut ke DCS.
“Kita terima putusannya tanggal 9 September. Walaupun tidak ada waktu, tapi ada putusan dari Bawaslu, bisa melangkahi tahapan. Karena keputusannya sudah final dan kita laksanakan,” jelasnya.
Sebelumnya, Golkar Lobar kalah sidang ajudikasi di tingkat Bawaslu Lobar. Kala itu, Bawaslu Lobar menolak gugatan Golkar. Sesuai mekanisme, Golkar membawa hasil itu ke Bawaslu RI untuk dikoreksi. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here