Beranda Headline Penjahat Kabur, Ban Digembosi

Penjahat Kabur, Ban Digembosi

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA ALAT: Inilah alat road blocker yang dimiliki jajaran Polres Lobar. Alat ini bisa menggemboskan ban kendaraan pelaku kejahatan jika dilalui.

LOBAR —Para pelaku kejahatan dan pembalap liar harus berpikir dua kali jika lari dari razia jajaran Polres Lobar. Ini karena Polres sudah memiliki alat road blocker. Alat yang menyerupai polisi tidur itu dapat dilipat. Kemudian di permukaan alat itu terdapat paku tajam yang bisa menggemboskan ban kendaraan jika dilalui. Alat ini juga didesain mudah dilipat dan dibawa kemana saja. “Alat ini kita gunakan kalau ada pengejaran dan diletakkan pada jalan raya yang sudah kita perkirakan pelaku akan dilewat,” kata Kasat Sabara Polres Lobar, AKP Burhanudin yang dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Diakui, alat ini sudah lama digunakannya dalam setiap pengejaran. Kini, Polres kembali menerima bantuan 15 unit alat tersebut. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengantisipasi balapan liar. “Kalau sudah kena ini, bisa langsung gembos sendiri ban kendaraannya,” sambungnya.
Kasat Lantas Polres Lobar, Iptu L Panca Warsa mengakui, balapan liar masih sering terjadi di wilayah Lobar. Terutama di jalur belakang kantor Bupati Lobar. Polisi sudah sering berkoordinasi dengan Pemkab Lobar. Seperti Dinas Perhubungan, Pol PP, Kabesbangpol, maupun Polsek Gerung terkait kenakalan remaja itu,
Dengan adanya alat road blocker ini, polisi tidak lagi perlu melakukan pengejaran. “Kalau dilakukan pengejaran, fatalitasnya cukup tinggi. Apalagi yang kita kejar anak-anak muda dan lari ke perkampungan, mereka bisa menabrak,” jelas Panca.
Ia menilai, penggunaan alat ini akan lebih efektif dan aman untuk menghentikan balapan liar. Terutama mengurangi korban dari kemungkinan pengejaran yang dilakukan. “Kalau sudah kena ini pasti tidak bisa lari jauh,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here