Beranda Praya Metro Loteng Dijatah 481 CPNS

Loteng Dijatah 481 CPNS

BERBAGI
ILUSTRASI

Proritas Guru dan Tenaga Medis

PRAYA — Pemkab Lombok Tengah (Loteng) mendapatkan jatah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau ASN, sebanyak 481 formasi. Dari 481 itu, yang menjadi prioritas formasi untuk tenaga pendidik (guru), dan tenaga kesehatan.
“Yang disetujui 481 formasi,” terang Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Loteng, H Moh Nazili di Pendopo Bupati, kemarin.
Meski demikian, dengan jumlah 481 formasi tersebut, Loteng menjadi salah satu daerah yang mendapatkan porsi formasi terbanyak dari kabupaten lainnya di wilayah NTB. Sehingga, kabar tersebut sangat mengemberikan bagi tenaga honorer di wilayah Loteng.
“Alhamdulillah Loteng termasuk salah satu daerah yang dapat formasi cukup besar,” ujarnya.
Untuk rentetan berapa jumlah tenaga medis, guru maupun profesi lain dari jumlah formasi yang pihaknya terima itu, pihaknya belum terima. Dia mengaku, untuk pendaftaran sendiri akan dibuka secara nasional tanggal 19 September mendatang secara online. Untuk itu, pihaknya memberikan imbuan kepada masyarakat yang ingin mendaftar untuk menyiapkan semua berkasnya.
“Saya minta kepada masyarakat tidak percaya calo untuk bisa lulus. Penerimaan CPNS tahun ini jauh lebih selektif dibandingkan tahun sebelumnya, bahkan honorer K2 diharuskan ikut CPNS melalui seleksi terbuka,” tegas.
Nazili menegaskan, pihaknya memastikan tidak ada jalur khusus untuk penerimaan CPNS tersebut. Jika memang ada informasi seperti itu, pihaknya selalu mengingatkan masyarakat dalam setiap kesempatan agar tidak percaya dengan janji manis orang.
“Terus terang kita selalu meminta kepada masyarakat untuk melapor jika ada permasalahan, tapi yang melapor itu mereka tidak mau,” ceritanya.
Sebenarnya draf kebutuhan PNS sudah pihaknya serahkan ke pemerintah pusat sekitar 1 ribu lebih. Jumlah itu diusulkan karena melihat realita saat ini, guru banyak kurang, begitu juga bagian kesehatan di masing- masing puskesmas dirasa sangat kurang. Untuk itu, sebenarnya dia sangat berharap pengangkatan CPNS untuk memenuhi kebutuhan.
“Kita akui dari fakta yang ada saat ini bahwa kita masih banyak kekurangan,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Loteng, H Moh Suhaili FT mengaku sudah menerima jumlah jatah formasi CPNS untuk daerah yang ia pimpin. Suhaili sangat bersukur karena mendapatkan paling banyak dari kabupaten/kota lain di NTB.
“Saya sudah memerintah dari BKPP untuk segera mengumumkan kepada masyarakat,” kata Suhaili. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here