Beranda Lombok Utara Legislatif Minta Segera Dicairkan

Legislatif Minta Segera Dicairkan

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika Ardianto

KLU —Pemerintah Lombok Utara setiap tahun menganggarkan dana untuk penanganan bencana, atau disebut dana tidak terduga. Berdasarkan kesepakatan bersama antara legislatif dan pemetintah daerah dalam rapat pembahasan KUA-PPAS beberapa waktu sebelum APBD 2018 disahkan, diketok anggaran senilai Rp 1 miliar. Namun sayangnya meskipun bencana gempa telah berulang kali mengguncang Lombok Utara namun anggaran tersebut tidak kunjung dieksekusi oleh pemerintah daerah hingga saat ini.

“Saya sudah konfirmasi pemerintah untuk mempertanyakan anggaran itu tapi ternyata belum dicairkan,” sesal Ketua Komisi I DPRD Lombok Utara, Ardianto.
Ia sendiri menanyakan apa yang menjadi kendala atas persoalan tidak dieksekusi anggaran tersebut. Padahal saat ini Lombok Utara dalam kondisi memprihatinkan dalam situasi berduka.
“Kalau terkendala aturan, silakan cari formulasinya. Yang jelas kami harap itu bisa segera cair,” ujarnya.
Ardianto juga menilai bahwa dalam pengeksekusian anggaran tak terduga ini diketahui bisa dicairkan saat tanggap darurat, namun saat ini telah beralih ke masa transisi. Tapi jika memang masa transisi dan pemulihan bisa dikategorikan sebagai masa tanggap darurat maka pemerintah tentu harus memanfaatkan momentum tersebut.
“Kita tidak ingin dengan situasi saat ini, justru anggaran tersebut menjadi silpa,” ungkapnya. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here