Beranda Kriminal Ingatkan Warga Pesisir Pantai

Ingatkan Warga Pesisir Pantai

BERBAGI

PRAYA – Maraknya peredaran narkotika di wilayah hukum Polres Loteng, membuat anggota Polres makin gencar melakukan sosialisasi. Salah satunya dengan membidik warga pesisir pantai. Warga diingatkan soal bahaya narkotika dan diajak ikut berperan memerangi peredaran narkoba jenis apapun.
Kasat Binmas Polres Loteng, AKP Suherman mengaku, sosialisasi ini rutin ia lakukan. Baik kepada kalangan pemuda, pelajar, bahkan pelaku sadar wisata.
“Sekararang peredaran narkoba sudah merambah ke berbagai pelosok pedesaan,” katanya kepada media, kemarin.
Kasat Binmas menegaskan, pengguna narkoba juga rentan terlibat dalam aksi kriminalitas seperti pencurian, perkelahian dan lainnya, karena pengaruh narkoba dapat menjerumuskan untuk melakukan tindakan kriminal lainnya.
Sedangkan hukuman kepada para pengguna narkoba akan dijerat dengan hukuman pidana sesuai amanat yang telah diatur dalam Undang-undang No 35 tahun 1999.
“Kami berharap pelaku sadar wisata maupun nelayan tidak mengkonsumsi narkoba itu,” pesannya.

Sementara, Kapolsek Kuta AKP Saogi Angsar meminta kepada masyarakat pesisir objek wisata di Kuta agar waspada dan menjauhi narkoba.
Sebab, dalam pemberantasanya, tidak mudah dan membutuhkan kerjasama semua pihak termasuk masyarakat. Ia mengingatkan dalam pencegahan harus dilakukan dari diri sendiri kemudian masuk ke keluarga barulah ke lingkungan sekitar. Dikarenakan, sebagian besar pecandu narkoba berasal dari orang-orang yang memiliki masalah di dalam keluarga.
“Kami imbau kepada seluruh masyarakat pesisir pantai untuk selalu menjaga diri dan menjaga keluarganya dengan baik,” pesan Kapolsek Kuta.
Selain itu, pihaknya menekankan bagi para orangtua harus hati-hati jika memiliki anak, terutama remaja agar tetap mengawasi pergaulannya. Apabila tidak ada pengawasan dan salah pergaulan maka dapat memicu anak-anak terjerumus ke dalam dunia narkoba. Sehingga, jika sudah terjerumus dan mengalami kecanduan, maka sulit untuk dikendalikan.
“Apabila ada di lingkungan masyarakat terdapat indikasi mencurigakan penggunaan atau transaksi narkoba, agar segera informasikan ke kami,” kata dia. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here