Beranda Praya Metro Siap-siap, Pedagang di Renteng Bakal Direlokasi

Siap-siap, Pedagang di Renteng Bakal Direlokasi

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H. Saman

PRAYA — Rencana pemerintah merelokasi pedagang di Pasar Renteng ke eks lahan PTP Puyung, Kecamatan Jonggat bukan hanya isapan jempol belaka. Bahkan, dalam waktu dekat para pedagang akan di relokasi ke sana.
“Sekarang kami sedang menyiapkan tempat di relokasi di PTP dengan permanen. Dan bulan-bulan ini, mereka sudah menempati untuk sementara sembari menunggu pembangunan Pasar Renteng,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Loteng, H Saman, kemarin.
Saman menegaskan, untuk anggaran pembangunan tempat relokasi sementara itu, pihaknya sudah mendapatkan anggaran Rp 1,2 miliar dari pemerintah pusat. Belum lagi anggaran yang digelontorkan dari daerah.
“Kami akan bangunkan lapak secara permanen di sana untuk sementara,” katanya.
Setelah Pasar Renteng selesai diperbaiki, maka seluruh pedagang akan kembali ke tempat semula. Pemkab pun memastikan, yang akan menempatinya adalah pedagang-pedagang sebelumnya, bukan pendatang baru. Untuk itulah, pihaknya sekarang melakukan pendataan pedagang. Kategorinya, ada pedagang pemilik kios, ada pedagang yang menyewa kios dan ada pedagang bakulan.
“Pembanguan pasar ini sudah disetujuai oleh kementerian. Tinggal menunggu waktu saja,” ujarnya.
Untuk membangun Pasar Renteng, Pemkab membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 35 miliar. Sehingga dengan anggaran besar itu, pembangunan Pasar Renteng tidak bsia dalam waktu dekat ini. Hal itu mengingat, alokasi anggaran pada APBD Loteng 2019 sudah teralokasi semua.
“Perbaikan Pasar Renteng tidak bisa terwujud dalam satu tahun ini. Karena memang anggaran cukup besar dibutuhkan,” tuturnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here