Beranda Praya Metro Pemerintah Berikan Modal Usaha UMKM

Pemerintah Berikan Modal Usaha UMKM

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA Irfan Dilaga

PRAYA — Kabar gembira untuk pelaku usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) korban gempa. Pasalanya, Pemkab Lombok Tengah (Loteng), memberikan bantuan modal usaha mulai Rp 3 juta hingga Rp 5 juta untuk masing- masing pelaku UMKM.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Loteng, Irfan Dilaga mengatakan, pihaknya sebelumnya sudah rapat dengan pejabat yang berwenang mengenai pelaku usaha korban gempa ini. Hasilnya, pihaknya sepakat untuk memberikan bantuan kepada mereka. Hal ini, sebagai salah satu cara untuk membangkitkan UMKM pasca gempa.
“Prinsip keberlanjutan usaha harus tetap berjalan. Jangan sampai tidak berjalan akibat gempa yang terjadi beberapa waktu lalu. Makanya kita akan memberikan modal dan saat ini,” janjinya, kemarin.
Selain itu, untuk membantu mereka, pemerintah juga akan mempasilitasi para pelaku UMKM dengan berbagai pihak, terutama dari sektor perbankan maupun koperasi, agar diberikan kemudahan terhadap angsuran pembayaran mereka.
“Paling tidak kita nego tiga atau empat bulan untuk kejadian gempa ini,” tegasnya.
Ifran mengaku, karena gempa itu, banyak pelaku UMKM yang memang mati. Dan kebanyakan itu terjadi untuk para pelaku usaha yang berada di wilayah Utara, seperti Batukliang, Batukliang Utara hingga Pringgarata. Sebab mereka harus memikirkan rumah mereka karena kondisinya rusak parah, sehingga usahanya tidak bisa berlanjut. Belum lagi mereka kesulitan modal.
Untuk itu, pihaknya sekarang sedang melakukan pendataan agar kedepan para pelaku UMKM ini, bisa terus bangkit dari keterpurukan. Mengingat, mereka banyak menyumbangkan untuk menanggulangi angka pengangguran serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.
“Yang jelas melalui dinas koperasi kita sedang usulkan agar ini terus berlanjut,” ceritanya.
Ditambahkan, pihaknya berharap dengan bantuan yang akan digelontrokan itu, akan sangat membantu para pelaku usaha itu agar tetap berjalan. Sebab, dengan berjalannya usaha mereka tentu akan membantu perekonomiana warga.
“Kalau ekonomi mereka sudah mulai membaik tentu mereka juga akan mulai melakukan pembangunan dengan cara bertahap,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peridutrian dan Perdagangan Loteng, H Saman mengaku tidak pungkiri bahwa banyak pelaku usaha yang memang membutuhkan bantuan.
“Tapi kami tetap meminta mereka untuk tetap melanjutkan usahanya,” sambung dia.
Untuk bantuan sendiri, sebelumnya pihaknya sudah diminta untuk dilakukan pendataan oleh pemerintah pusat untuk diberikan bantuan. Sehingga, pihaknya juga masih akan melakukan pendataan.
“Nanti datanya kami akan kirim ke pusat. Dan kami harapkan bantuan ada untuk digelontorkan bagi mereka,” harapnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here