Beranda Wisata Pemdes Didorong Bentuk Desa Wisata

Pemdes Didorong Bentuk Desa Wisata

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA AGRO WISATA: Inilah salah satu paket agro wisata buah naga yang dimiliki oleh Desa Setanggor, yang sudah mulai dilirik wisatawan.

PUJUT —Bupati Lombok Tengah, H Moh. Suhaili FT berharap, desa-desa di Lombok Tengah bisa sebagai pemicu munculnya pariwisata di daerah. Sebab, menurutnya, peluang pengembangan pariwisata di desa cukup potensial. Baik untuk agro wisata, wisata adat, wisata kuliner, wisata hiburan dan potensi lainnya.

Bupati dua periode ini mencontohkan, desa wisata Setanggor yang dulunya dikenal wilayah rawan aksi kriminal namun kini menjadi desa wisata agro. Bahkan, pengelolanya kewalahan menyediakan penginapan bagi wisatawan yang datang. Sehingga pariwisata kini sudah menjadi salah satu sumber pendapatan warga sekitar.
“Kami sangat apresiasi hal semacam itu. Ini juga salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang langsung,” ungkap Suhaili.
Untuk pengembangannya sendiri, tidak mesti dilakukan oleh investor seperti layaknya pengembangan di kawasan wisata pada umumnya. Akan tetapi bisa dimaksimalkan melalui desa dengan dana yang dikelola oleh desa. Kalaupun ada pengembangan yang tidak bisa didanai semua oleh desa, ia berharap desa berkoordinasi dengan instansi terkait di kabupaten maupun provinsi. Sehingga demikian, jika harapannya ini bisa dijadikan peluang oleh Pemdes, ia yakin akan banyak muncul desa wisata baru di Gumi Tatas Tuhu Trasna.
“Ini peluang besar. Kita juga kan gak tahu sampai kapan DD yang dikelola desa ini digelontorkan pemerintah pusat,” pesannya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here