Beranda Lombok Utara Pelanggan Diberikan Keringanan

Pelanggan Diberikan Keringanan

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika Raden Walliadin

KLU —Bagi pelanggan PDAM, khususnya kalangan rumah tangga kini bisa bernafas lega. Pasalnya, kini PDAM memberikan keringanan dari biaya pemakaian air. Warga kini hanya cukup membayar biaya administrasi sebesar Rp 20 ribu saja untuk pemakaian debit air tanpa batas.

“Kita sudah rapat. Kesimpulannya, untuk pembayaran pasca gempa dari Agustus, kita hanya bebankan Rp 20 ribu. Beban pemakaian sebanyak-banyaknya tidak dikenakan, itu kita gratiskan,” ungkap Direktur PDAM KLU, Raden Waliadin.
Ia menjelaskan beban pemakaian air secara gratis ini merupakan bentuk empati PDAM kepada masyarakat KLU yang terdampak bencana gempa bumi. PDAM sebagaimana tugasnya, tetap berupaya menjaga kelancaran pasokan distribusi. Hal itu juga berkenaan dengan upaya agar warga dapat kembali dari pengungsian sembari menata rumahnya untuk tempat pemukiman sementara. PDAM juga belum dapat mengitung seberapa besar pemakaian air oleh warga. Mengingat banyak warga yang memiliki meter air namun masih tinggal di posko pengungsian.
“Mengenai berapa lama biaya pakai gratis ini belum bisa kita pastikan. Tapi sementara ini kita jaga kelancaran pasokan, sambil merespons cepat laporan warga yang minta dipasangkan meter atau diperbaiki jaringan pipa yang bocor,” sebutnya.
Menurut Waliadin, kondisi yang juga diantisipasi adalah kerusakan pada meter air milik warga akibat tertimpa bangunan atau akibat pembersihan bangunan menggunakan alat berat. Ia menilai PDAM ke depan akan memerlukan lebih banyak aksesoris, seperti meter, pipa tersier dan sebagainya.
“Kan banyak rumah warga yang rata karena dirobohkan alat berat, dan otomatis kita memerlukan sambungan pipa tersier baru dan aksesorisnya. Sementara stok kita sudah mau habis, mau tidak mau kita minta bantuan Satker dan Kementerian PUPR,” jelasnya.
Selain memastikan distribusi ke rumah warga berjalan normal, PDAM juga membuka titik-titik pengambilan air bersih oleh mobil tangki dan itu diberikan secara gratis. Titik yang disediakan PDAM antara lain, di kantor PDAM Pemenang, Kantor PDAM Tanjung, depan Puskesmas Gangga, depan BPBD dan di kantor PDAM Cabang Bayan. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here