Beranda Headline Berobat, Bayar Dulu..!

Berobat, Bayar Dulu..!

BERBAGI
ABI/RADAR MANDALIKA PELAYANAN: Seorang tenaga medis saat memberikan pelayanan kepada pasien yang dirawat di tenda darurat.

Tak Punya BPJS, Korban Dinyatakan Pasien Umum

KLU —Pelayanan medis di rumah sakit dan puskesmas di Lombok Utara kembali diberlakukan seperti semula. Namun bagi pasien yang tidak memiliki BPJS, maka dinyatakan pasien umum. Pasien pun harus rela merogoh kocek karena harus membayar, meski merupakan korban bencana gempa beberapa waktu lalu.
“Memang aturannya begitu. Ini mulai berlaku sejak masa tanggap darurat dicabut,” ujar Sekdis Kesehatan Lombok Utara, Samsul Bahri, kemarin.
Ia menyampaikan jika pada masa tanggap darurat, semua masyarakat bisa dilayani tanpa membedakan pasien dan diberikan secara gratis. Namun pada saat masa transisi seperti ini, prosedurnya kembali seperti semula. “Tapi kalau pun tidak bisa menunjukan BPJS, masyarakat bisa menggunakan KTP. Nanti di NIK itu bisa kita cek sudah masuk dalam program Universal Helath Coverage (UHC) atau tidak. Kalau sudah masuk UHC, tentu bisa saja gratis,” jelasnya.
Sementara untuk saat ini, mayoritas warga masih mendiami pengungsian. Sebagian dari mereka mulai mengidap berbagai macam penyakit, seperti diare, batuk, flu, penyakit kulit dan penyakit lainnya. Sementara tim medis dari relawan sebagian besar sudah kembali ke daerah masing-masing. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here